ARTICLE

Mon - Mar 28, 2022 / 383 / Inspirational

Inilah Cara Mengetahui Pekerjaan Anda Adalah Karir yang Sejalan dengan Rencana Tuhan

Sebagai orang percaya, kita yakin bahwa Tuhan sudah punya rencana yang indah untuk kita. Salah satunya adalah karir. Memang tidak semua orang mudah menemukan jalan karirnya sampai akhirnya sukses. Namun Tuhan selalu mengajarkan kepada kita untuk tetap melakukan yang terbaik dimana kita ditempatkan (Kolose 3:23 – ‘Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia’.)

Tuhan mengajarkan kita untuk menjadi berkat bagi banyak orang dan memuliakan nama-Nya lewat talenta yang Dia berikan. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui tujuan hidup lewat karir yang kita jalani?

Kita harus mengetahui tiga hal ini terlebih dulu:

Kerinduan

Kita tidak bisa mengabaikan panggilan Tuhan dalam hidup kita. Kerinduan adalah sebuah ruang kosong dalam diri karena kita merasa ada sesuatu yang hilang. Ini adalah indikator kita dalam mencari jalan Tuhan. Rasanya seperti momen ‘ah-ha!’ yang membuat kita kepikiran terus menerus dan men-trigger kita untuk mewujudkannya. Itu adalah tanda dari Tuhan bahwa ini adalah jalan yang terbaik untuk Anda.

Baca juga : 6 CARA AGAR KITA BISA MENDENGAR SUARA TUHAN SESUAI KONTEKS ZAMAN SEKARANG

Saya ingat masa-masa mencari pekerjaan yang Tuhan inginkan untuk saya lakukan. Awalnya, saya adalah siswa lulusan komunikasi yang ‘salah tempat’. Bekerja di bagian finance membuat saya mudah depresi. Akhirnya Tuhan membuka jalan bagi saya untuk resign dan kembali menuntun saya untuk bekerja di media. Ternyata setelah 2 tahun bekerja di media, saya mulai menyadari bahwa Tuhan ingin saya bisa memberkati banyak orang lewat tulisan saya. Karena saat kuliah, dosen media cetak berkata pada saya bahwa tulisan saya punya kekuatan. Saat itulah saya tahu bahwa karir saya adalah menulis.

 

Berserah

Budaya manusia sering memotivasi kita bahwa aktualisasi diri adalah jalan menuju kesuksesan. Kita didorong punya visi dan rencana hidup agar bisa mewujudkannya. Namun kenyataannya secara spiritual, jalan Tuhan berbeda dengan rencara manusia. Daripada kita bekerja keras hanya demi visi pribadi, akan lebih baik lagi jika kita menyerahkan rancangan hidup kita kepada Tuhan dan meminta-Nya untuk menuntun kita sebagai perpanjangan tangan Tuhan di dunia.

Saya mendorong Anda untuk merenungkan Mazmur 139 . Pemazmur jelas bahwa Tuhan memiliki rencana untuk hidup Anda, yang ada sejak awal. Tanyakan kepada orang tua Anda seperti apa Anda saat kecil. Renungkan di mana Anda saat ini merasa paling bahagia dan damai. Kemungkinannya adalah, itu adalah petunjuk penting menuju jalan yang dimaksudkan Sang Pencipta untuk Anda.

 Baca juga : PERBANYAK INTERAKSI POSITIF DARIPADA NEGATIF, AGAR HUBUNGAN PERNIKAHAN LEBIH BAIK

Inventarisasi kelebihan kita

Dalam ‘Perumpamaan tentang Talenta’, kita menemukan bahwa Tuhan ingin kita menggunakan apa yang telah Dia berikan kepada kita untuk kemuliaan-Nya. Ini termasuk kekuatan atau karunia kita. Selanjutnya, Tuhan akan melipatgandakan usaha mereka yang berusaha. Namun, mereka yang mengubur apa yang telah diberikan Tuhan kepada mereka menderita hukuman yang ditimbulkan sendiri. Mereka kehilangan penggandaan berkat yang Tuhan siap lakukan.

Meskipun kita mungkin tidak tahu bagaimana Tuhan akan menggunakan kekuatan kita, mencari tahu dan mengembangkannya adalah langkah penting untuk memahami rencana Tuhan bagi karir kita. Coba tanyakan kepada orang lain, apa yang mereka lihat dalam diri Anda—ini mungkin akan mengejutkan Anda! Inventarisasi kekuatan atau kelebihan Anda. Sukses di bidang membutuhkan bakat alami, semangat, dan dedikasi untuk benar-benar sampai puncak karir!

Semoga artikel ini bisa memotivasi dan menginspirasi Anda untuk menemukan rencana Tuhan untuk hidup Anda. Saya berdoa agar Anda mendapatkan tuntunan dan penyertaan Tuhan dalam menapaki karir Anda. Jangan lupa tiga poin tadi dan siaplah berpetualan dalam rancangan Tuhan!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK