ARTICLE

Mon - Jul 03, 2017 / 1768 /

Inilah 6 Manfaat Dibalik Liburan Bagi Kesehatan Anda

Hampir setiap orang gemar berlibur. Salah satu momen menikmati libur panjang adalah ketika menyambut hari raya besar keagamaan. Begitulah yang saat ini sedang dinikmati sebagian orang yang tengah merayakan Lebaran di kampung halaman ataupun di luar kota. Untuk itu penting sekali memanfaatkan momen libur panjang ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat hari libur. Hindari menghabiskan waktu hanya dengan bermalas-malasan di tempat tidur, karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain sepanjang hari.

Tidak berarti Anda harus bangun jam 5 pagi, tapi bisa menambahkan waktu tidur sekitar 1-2 jam dibandingkan hari biasa. Bangun pagi hari sebelum matahari tinggi dapat membuat pikiran Anda lebih segar dan bisa mengurangi stres. Kondisi ini membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan lebih terlihat cantik dan menarik.

Dengan memanfaatkan liburan untuk melakukan hal-hal yang menarik dan menyenangkan, seperti traveling atau menjelajah beberapa tempat menarik di sekitar tempat tinggal, Anda bisa mendapatkan 6 manfaat berikut, seperti:

1. Liburan adalah reward untuk tubuh

Pada tahun 2002, ada studi yang menemukan bahwa liburan sederhana setelah perencanaan, dapat membuat seseorang lebih bahagia daripada ketika kembali pulang dari liburan tersebut. Jadi, taka da yang lebih dibutuhkan manusia selain merasakan kebahagiaan. Dan hal itu bisa didapatkan dengan berlibur. Ketika kita merasakan kebahagiaan, maka tubuh akan meresponi hal-hal positif ke dalam sistem saraf dan saraf akan mengirimkan respon yang baik kepada seluruh organ tubuh.

2. Menambah wawasan baru

Dilansir dari The Chicago Tribune, seorang neuropsikolog, Paul Nussbaum mengatakan bahwa ketika otak mengekspos lingkungan baru, maka otak secara harafiah akan bereaksi. Hal ini bisa kita dapatkan setelah melewati liburan apalagi dalam waktu yang panjang. Ketika sampai di rumah atau kampung halaman tempat kita tinggal, kita dapat melihatnya lebih berarti dan berwarna. Otak akan terasa segar kembali karena kita baru saja menjelajahi tempat baru yang berbeda dan lebih menantang.

3. Menghasilkan ide-ide baru, yang akan bermanfaat untuk kegiatan kita

Sebuah studi bahkan menunjukkan orang-orang yang pernah belajar di luar negeri, 20 persen lebih mungkin memecahkan masalah. Hal ini terjadi karena mereka menemukan hal-hal baru yang belum pernah mereka saksikan. Saat itulah otak akan berubah dan membuat kita menjadi lebih baik dalam mengatasi atau memecahkan masalah keseharian, termasuk di tempat kerja, keluarga, dan lainnya. Kreativitas kita juga akan semakin terasah.

4. Liburan adalah kemenangan emosional

Pergi berlibur juga ternyata berkaitan dengan hubungan kita bersama keluarga dan teman-teman. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menyebutkan tingkat tertinggi kebahagiaan berhubungan dengan waktu berkualitas yang dihabiskan dengan beberapa orang tercinta di sekitar kita.

Bahkan, ketika kita mengingat kenangan pertama kali bersama orang-orang tercinta juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

5. Meningkatkan waktu tidur       

Bekerja atau beraktivitas sehari-hari mungkin telah membuat kita kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup, sehingga kita memiliki “utang tidur”. Jadwal liburan yang santai memungkinkan kita membayar utang tidur tersebut.

Tak hanya itu, hal ini juga akan membantu kita membentuk kebiasaan tidur yang sehat selama bertahun-tahun. Cobalah untuk menggunakan liburan sebagai waktu memperbaiki pola tidur yang baik, termasuk mencoba tidak bermain gadget 30 menit sebelum tidur.

6. Mencegah Serangan Jantung

Melepaskan diri dari rutinitas pekerjaan, baik melancong maupun bersantai di rumah tidak hanya bermanfaat untuk meredakan stres dan menurunkan tekanan darah tetapi juga mencegah risiko penyakit jantung. Hal ini dipublikasikan lewat hasil studi yang dilakukan di National Heart, Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland. Peneliti mengatakan bahwa wanita yang bepergian keluar kota (dua kali atau lebih dalam satu tahun) berkemungkinan mencegah sakit jantung delapan kali lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan amal Inggris Nuffield Health mengatakan bahwa manfaat liburan bahkan bisa dirasakan setidaknya dua minggu setelah liburan usai. Sementara penelitian lainnya mengklaim dampak kesehatan dari liburan bahkan bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Manfaat ini tak hanya didapatkan ketika menikmati libur panjang saja, tetapi liburan dalam waktu singkat pun bisa memberikan manfaat setara. Apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu berkala.

 

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK