ARTICLE

Thu - Nov 29, 2018 / 169 / Parenting

Inilah 4 Jenis Keluarga yang Perlu Kamu Ketahui. Keluargamu Jenis yang Mana?

Bukanlah suatu perkara yang mudah mempunyai keluarga yang sempurna. Setiap kitapun punya tipe-tipe keluarga yang berbeda. Ada yang keluarga yang saling mendukung walaupun seluruh anggotanya sibuk, ada terlalu mandiri sampai jadi dingin satu dengan yang lain. Menurut Dr. Julianto Simanjuntak, LK3 Foundation, ada 4 jenis sistem keluarga. Yuk simak lebih lanjut.

1. Ego tinggi

Masing-masing suami istri hidupnya sangat egois, sudah tidak saling peduli. Serumah tapi sudah tidak sekamar. Sekamar tapi sudah tidak sekasur. Keluarga yang seperti ini akhirnya menjadi tidak hangat dan cenderung mementingkan ego masing-masing. Ini berbahaya bagi anak karena mereka tumbuh dengan tidak mendapatkan kasih sayang orangtuanya.

 

2. Salah satunya terlalu dominan

Kalau bukan suaminya yang terlalu dominan, atau istrinya. Sangat banyak suami-suami yang otoriter dan istri-istri yang terlalu tunduk, sampai mengijinkan dirinya ditindas sewenang-wenang oleh suaminya. Atau malah istri yang terlalu dominan hingga seakan menjadi jenderal atas suaminya.

Ini tidak sehat, karena anak-anak kasihan. Kalau ayah tidak memimpin, anak laki-laki tidak akan tahu bagaimana caranya memimpin rumah tangga saat dia dewasa. Bisa juga hal ini menimbulkan dendam dalam diri anak ketika melihat adanya penindasan pada salah seorang anggota keluarga.

 

3. Tertutup dalam aspek tertentu

Hal yang biasanya tertutup dalam suatu keluarga adalah masalah uang, karena sensitif. Yang kedua adalah masalah pekerjaan, dimana istri tidak perlu tahu apa pekerjaan suami. Dalam keluarga, semuanya membutuhkan keterbukaan. Keterbukaan adalah kunci rukunnya rumah tangga.

 

4. Bekerja sama dan saling menghargai pendapat serta kebebasan pribadi

Suami istri dapat bekerja sama dalam segala sesuatu yang bersifat primer, aspek-aspek yang sangat penting dalam kehidupan keluarga. Dapat bekerja sama dalam mengurus keuangan, mengasuh anak, pekerjaan, melayani Tuhan di gereja. Tapi mereka memiliki kebebasan untuk hal-hal yang bersifat sekunder. Misalnya, hobi, memilih makanan, memilih teman, membelanjakan uang dalam jumlah tertentu, dll. 

Jadi, keluarga kita tipe yang mana ya? Namun apapun tipe keluarga kita, jangan lupa dengan 1 Korintus 13: 4 & 5, “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah  dan tidak menyimpan kesalahan  orang lain.”


Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK