ARTICLE

Wed - Jun 13, 2018 / 774 / Parenting

Ini Lho SuperParents, Pentingnya Teman dan Sahabat yang Baik untuk Anak Anda

Semakin anak dewasa, semakin pula ia lebih dekat dengan teman-temannya dibandingkan keluarganya sendiri. Apalagi saat mereka remaja. Entah kenapa apa yang dianjurkan oleh orang tua seakan malah jadi pengekang mereka. Padahal orang tua hanya ingin agar anaknya tidak salah langkah dalam pergaulan ataupun memilih teman.

Kalau orang tua saja peduli dengan pergaulan anak, begitu juga dengan Tuhan. Begitu pentingnya mempunyai pertemanan yang baik menurut Tuhan. Alkitab pun pernah menuliskan hal ini. Contohnya pertemanan antara Yonatan dan Daud. Yonatan memperingatkan Daud kalau hidupnya dalam bahaya dibawah bayang-bayang ayah Yonatha sendiri, Saul. Peringatan ini membuat Daud mengambil keputusan untuk menghindari bahaya, dan akhirnya persahabatan ini berbuah Daud bisa mengambil tahta. Ini semua karena rencana Tuhan.

Baca juga: DARIPADA ANAK REWEL KARENA BOSAN DI JALAN, MAINKAN 5 PERMAINAN INI YUK SAAT MUDIK

Apa Itu Sahabat Sejati?

Alkitab sendiri menggambarkan persahabatan sejati itu adalah ketika seseorang jujur walaupun itu menyakitkan (Amsal 27: 6). Ini berarti sahabat sejati akan memberitahukanmu semua hal yang perlu kita ketahui, walaupun menyakitkan dibanding menyanjungmu setiap waktu. Ketika kita ingin membuat keputusan yang baik, padahal tidak, sahabat kita yang justru mengingatkan.

Sumber: SheKnows

Teman yang baik pasti memberikan pengaruh positif pada kita. Pengkhotbah 4 : 9-12 mengatakan bahwa “berdua lebih baik daripada seorang diri”, ini menjelaskan kepada kita bahwa lebih baik kita mempunyai teman. Bersama mereka, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam banyak hal, kita saling bergantung satu dengan lainnya, saling belajar, dan membuat keputusan terbaik karena contoh dari teman-teman kita.

Apakah Kita Harus Pilih-pilih Teman?

Tapi sebaliknya, teman yang buruk akan memberikan dampak negatif pada kita.               Pada 1 Korintus 15: 33 dikatakan “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.” Tidak sedikit orang yang menyalahartikan ayat ini. Para orang tua menjadikannya pedoman untuk memberikan peringatan kepada anak agar hati-hati dalam berteman (memilih-milih teman).

Baca juga: 3 KESALAHAN FATAL YANG BIASA DILAKUKAN OLEH ORANG TUA PADA ANAK PERTAMANYA

Hal ini juga digambarkan dengan kehidupan pelayanan Tuhan Yesus. Ia tidak mewartakan Injil sendiri, melainkan bersama dengan para murid-murid-Nya. Mereka hidup, makan, merayakan, berduka bersama.

Uniknya Tuhan Yesus tidak memilih orang yang berpengaruh, berpendidikan tinggi, atau bahkan memiliki uang berlimpah untuk mengikut Dia. Sebaliknya Ia memilih orang-orang biasa, nelayan dan bahkan pemungut pajak! Yesus memberikan contoh kepada kita tentang betapa pentingnya memilih persahabatan dengan bijak. Tentunya contoh terbaik dari persahabatan-Nya adalah mengorbankan diri-Nya di kayu salib.

Sumber: A Conscious Rethink

Ia juga telah memberikan pedoman untuk kita semua di Yohanes 15: 12 – 14, “Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Sekarang bersyukurlah atas teman dan sahabat yang anak sudah miliki sampai saat ini. Ingatkan juga kepada mereka bahwa walaupun kadang perkataan teman-temannya menyakiti hati, ampunilah dan belajarlah dari kritikan mereka. Berdoalah terus agar anak SuperParents bisa mempunyai teman yang memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka. (CC)

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK