ARTICLE

Wed - Apr 20, 2022 / 665 / Inspirational

Ini Lho Arti dari Mahkota Duri yang Dipakaikan ke Kepala Yesus Saat Akan Disalib

Mahkota duri bisa dibilang sebagai benda ikonik dalam penyaliban Yesus. Mahkota ini menandakan kerendahan hati Kristus yang tertinggi, karena Ia rela menukar mahkota surgawinya dengan mahkota penderitaan. Saat itu tentara Romawi memberikan kepala-Nya mahkota duri, dan secara terang-terangan mengejek Yesus sebagai 'Raja orang Yahudi' (Matius 27:29 ).

 

Apa Itu Mahkota Duri?

Ini merupakan perwujudan sempurna dari penggenapan kedatangan Kristus ke dalam dunia. Karena dalam mahkota duri dan salib yang Ia pikul, Yesus menanggung beban dosa dan maut. Ia membayar hukuman atas dosa kita sehingga kita dapat diampuni, didamaikan, dan ditebus, seperti yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya (Yesaya 53:5).

Mahkota ini menjadi penobatan palsu oleh tentara Romawi. Mereka mencemooh Yesus sebagai raja orang Yahudi dan memakaikannya mahkota. Sehingga Yesus sendiri mengalami dua cobaan sekaligus, pertama berhubungan dengan kepercayaan (Yahudi), dan kedua tentang politik (Romawi).

Baca juga : ADA TIGA SALIB DI BUKIT GOLGOTA, APA MAKSUDNYA YA?

Orang-orang Farisi dan pemimpin agama membawa Yesus ke hadapan Imam Besar ( Matius 26:57-68 ; Markus 14:53-65 ; Lukas 22:66-71 ; Yohanes 18:12-24 ). Karena mereka tidak menemukan apa pun dalam pengajaran atau pelayanan Yesus untuk memberatkan Dia, orang-orang Farisi menggunakan 'kesaksian palsu' dari 'saksi palsu' ( Matius 26:59-60 ; Markus 14:55-59 ).

Saat itulah Kayafas, imam besar, bertanya langsung kepada Yesus, “Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?” ( Markus 14:61 ) bahwa Yesus menjawab, “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasadan datang di atas awan-awan di langit.” ( Matius 26:63-64 ; lihat juga Markus 14:62 ; Lukas 22:67-70 ). Dari sini, Kitab Suci memberitahu kita bahwa “imam besar merobek jubahnya dan berkata, 'Ia telah menghujat!'” Untuk ini, orang-orang Farisi dan pemimpin agama menjawab, “Ia pantas dihukum mati!” ( Matius 26:65-66 ).

Pilatus menemukan bahwa Yesus tidak layak mati. Orang-orang Farisi dan massa, bagaimanapun, bersikeras, menuntut penyaliban ( Matius 27:23 ). Pilatus bertanya kepada-Nya: 'Engkaukah raja orang Yahudi?', Jawab Yesus: 'Engkau sendiri mengatakannya.' (Markus 15:2)

 Baca juga : 5 PESAN MORAL FILM PENDEK SAMPAI MEMUTIH RAMBUTKU UNTUK KELUARGA ANDA

Material Mahkota Duri

Tidak seperti duri yang mungkin kita temukan di semak mawar. Duri yang digunakan untuk membuat mahkota Yesus pada penyaliban-Nya kemungkinan besar berasal dari pohon kurma, yang durinya sangat tebal dan sangat keras, dalam beberapa kasus tumbuh hingga dua belas inci panjangnya. Secara medis, duri pohon kurma diketahui memiliki racun yang selain dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa, peradangan, memar, dan kerusakan jaringan.

Ditambah dengan penderitaan yang telah dialami Yesus karena dipukuli dan dicambuk, mahkota duri akan menyebabkan rasa sakit yang hampir tak terlukiskan saat Yesus bekerja, dengan salib berat di punggung-Nya dan mahkota duri di kepala-Nya, melalui jalan-jalan Yerusalem ke tempat di mana Dia akhirnya disalibkan.

Itulah pembahasan tentang arti mahkota duri dan seperti apa bentuk mahkotanya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal-hal Kekristenan, kunjungi artikel lainnya di Jawaban.com. Dan jika Anda terberkati dengan artikel ini, mari dukung agar kami bisa terus memberikan artikel-artikel inspiratif dan eduatif lainnya dengan cara klik di bawah ini.

DUKUNG SEKARANG

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK