ARTICLE

Tue - Oct 24, 2023 / 1178 / Sunday School

Ice Breaking: Cara Jitu Membangun Hubungan dengan Anak-Anak

Ice breaking adalah aktivitas singkat yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan membuat anak-anak merasa nyaman dan lebih mengenal satu sama lain. Ice breaking sangat penting dalam mengajar sekolah minggu, karena dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:

Membuat anak-anak merasa nyaman dan membangun hubungan lebih dekat antara satu dengan yang lain, membuat anak-anak menjadi terbuka dan lebih aktif, nyaman selama mengikuti ibadah sekolah minggu, dan juga dalam kegiatan ini dapat membantu anak-anak mengenal Kakak sekolah minggu nya. Hubungan yang dekat antara kakak sekolah minggu dengan anak-anak sekolah minggu akan memperlancar selama ibadah sekolah minggu berlangsung.

Berikut tips ketika akan mengadakan ice breaking :

- Persiapkan bentuk ice breaking yang akan diaplikasikan

- Sesuaikan bentuk ice breaking yang relevan dengan materi

- Ice breaking tidak boleh memakan waktu terlalu lama

- Semua anak wajib terlibat dalam ice breaking

- Lakukan icce breaking secara rutin di setiap pertemuan

 

Banyak bentuk dari ice breaking seperti yel-yel, menyanyi, gerak tubuh, dll. Berikut adalah beberapa contoh ice breaking yang dapat dilakukan dalam mengajar sekolah minggu :

1. Menyebutkan Nama.

Kakak dapat mengajak anak-anak untuk berdiri dan membentuk lingkaran, kemudian minta mereka untuk bergiliran menyebutkan nama masing-masing. Kakak juga bisa meminta anak-anak untuk melakukan gerakan atau suara tertentu ketika mereka sedang menyebutkan nama. Misalnya, kakak meminta anak-anak untuk melompat sekali saat menyebutkan nama mereka.

2. Simon Says

Ice breaking ‘simon says’ ini dapat melatih konsentrasi dari anak. Kakak harus memberikan instruksi yang harus diikuti oleh anak. Seperti contoh “Simon say touch your nose!” dan anak-anak harus segera menyentuh hidung mereka, namun jika instruksi hanya “Touch your nose!” dan anak-anak tetap mengikuti instruksi tersebut maka anak tersebut akan tereliminasi atau mendapat hukuman. Ice breaking permainan.

3. Quiz

Ice breaking ini bisa dilakukan secara online lewat aplikasi ataupun offline dan anak yang paling banyak menjawab akan mendapatkan apresiasi atau hadiah.

4. Yel-yel

Kakak dapat membuat yel-yel yang menarik dan pastikan semua anak harus menghafal yel-yel tersebut. Sehingga ketika ditengah kegiatan ibadah anak-anak mulai terlihat bosan atau jenuh kakak dapat menggunakan yel-yel tersebut untuk membangkitkan semangat anak-anak.

5. Bermain Game

Ice breaking ini tergolong dalam beberapa jenis permainan seperti sambung lirik, tebak lagu, tebak gambar, dll.

Kakak tidak perlu bingung lagi ketika ditengah ibadah anak-anak menjadi jenuh atau mulai bosan, ice breaking dapat mencairkan suasana kelas menjadi lebih seru!

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK