ARTICLE

Tue - Jan 07, 2020 / 1242 / Sunday School

INGIN AJARI ANAK SAAT TEDUH SEDARI DINI? TERAPKAN CARA-CARA BERIKUT!!

Sebagai kakak sekolah Minggu, apa sih yang paling sering kita ajarkan kepada anak-anak? Biasanya tentang hal dasar seperti, bagaimana berdoa, berbuat baik kepada sesama, dan mengampuni orang lain. Tapi, cukup jarang sekolah Minggu yang mengajari anak untuk saat teduh setiap hari.

Saat teduh adalah waktu khusus yang kita siapkan untuk berhubungan dengan Tuhan melalui doa, pujian, dan membaca serta merenungkan Firman. Dengan bersaat teduh, kita mengajari anak untuk semakin mengenal Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, tentu saja, perlu cara khusus untuk mengajarkan saat teduh kepada anak-anak. Gimana sih caranya?

Baca juga: TERNYATA ALKITAB ADALAH BUKU SEPERTI INI - SAAT TEDUH ANAK

  1. Berikan PR buat renungan

Poin ini khusus bagi para kakak sekolah Minggu. Karena peran kita paling banyak di hari Minggu, jadi sangat sulit untuk mengatur waktu dengan anak di hari biasa. Karena itu, untuk bisa membantu SuperParents membina kerohanian anak, kita bisa mulai dengan memberikan tugas di rumah kepada anak untuk membuat renungan Alkitab mereka.

Mungkin awalnya mereka akan merasa dipaksa, tapi hanya butuh waktu sampai itu menjadi kebiasaan. Tapi, jangan lupa, selain memberi tugas membuat renungan, selalu jelaskan setiap Minggunya apa fungsi membuat renungan. Jangan lupa, bekerjasamalah dengan orang tua si anak, agar bisa bersama memantau perkembangan kerohanian anak.

Sumber: Pexels.com
  1. Pilih cerita Alkitab yang mudah dimengerti anak

Poin ini khusus untuk para SuperParents yang sedang mencoba mengenalkan dan ajari anak untuk saat teduh. Kita bisa mulai dengan merenungkan kisah Alkitab yang ceritanya mudah dipahami. Sebut saja kisah Ayub, Abraham dan Ishak, atau kisah penyaliban Yesus.

Kenapa? Agar anak mudah memahami nilai yang ingin diajarkan. Karena, kalau kita memilih cerita yang tidak familiar dan rumit, anak semakin sulit untuk mendapatkan nilainya, karena ia akan sibuk untuk memahami tokoh dan ceritanya. Selain itu, jangan lupa perhatikan cara kita menyampaikan. Pastikan, tidak ada bahasa yang mempersulit anak untuk mengerti.

Sumber: Pexels.com
  1. Berikan refleksi di akhir hari

Nah, bagi SuperParents, hal ini penting banget untuk diajarkan pada anak. Sebelum tidur, tanyakan anak tentang hal yang terjadi seharian, dan ingatkan mereka tentang poin saat teduh mereka yang sesuai dengan kejadian hari ini. Ini akan membantu mereka untuk terus mengingat kebaikan Tuhan setiap hari dalam setiap momen hidup mereka.

Baca juga: INI NIH GAMBARAN PERTUMBUHAN SEORANG KRISTEN - SAAT TEDUH ANAK

Saat teduh membantu anak untuk semakin mengenal kebenaran firman Tuhan secara mandiri. Tapi, tahukah kakak bahwa masih banyak anak di Indonesia yang tidak bisa mengenal kebenaran firman Tuhan hari-hari ini. Karena itu, Superbook bersama gereja lokal dan pahlawan anak di seluruh Indonesia berjuang bersama untuk mengenalkan kebenaran firman Tuhan di Indonesia.

Jika kakak rindu untuk menjadi salah satu pahlawan anak dan membantu jutaan anak Indonesia yang harus mengenal kebenaran firman Tuhan, kakak bisa klik tulisan di bawah. Bersama Superbook dan gereja lokal, ayo kita bersama memuridkan anak menjadi generasi yang mengasihi Tuhan, mencintai firman Tuhan, dan menjadi dampak bagi sekitar.

KLIK TULISAN INI UNTUK MEMBANTU ANAK INDONESIA

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK