ARTICLE

Wed - Mar 08, 2023 / 946 / Inspirational

Fakta Tentang Kota Babel dan Kisah Daniel di Goa Singa

Sepanjang sejarah, Babel dikenal dengan keindahannya. Sekarang kota ini ditinggalkan 2000 tahun yang lalu dan para arkeolog menemukan reruntuhan kota Babel di Irak.

Menurut penemuan arkeolog, lokasi kota Babel menimbun banyak harta karun. Saat Daniel masih remaja, dia diangkut dari rumahnya di Yehuda untuk melayani di Babel. Orang Babel cuma mengambil umat Israel yang terbaik dan paling cerdas.

Tahukah kamu, Daniel mirip dengan kamu! Sebelum menjadi tawanan dia sudah kenal Tuhan sebagai anak kecil. Daniel belajar Alkitab sama seperti yang kamu lakukan sekarang dan yang dia pelajari sewaktu kecil sama seperti yang kamu pelajari sekarang. Kebiasaan ini memberi dia pengetahuan dan hikmat untuk mengandalkan Tuhan saat menghadapi ujian terberatnya.

 

Baca Juga: BELAJAR RENDAH HATI DARI SEORANG PANGLIMA PERANG

 

Di masa Daniel, kita juga berkenalan dengan Raja Darius. Dia mulai memimpin sewaktu Koresh Agung merebut Babel selama lebih dari 2000 tahun. Ahli sejarah menulis tentang raja Koresh dan peraturannya. Ada penemuan yang sangat penting yang ditemukan oleh arkeolog tentang
raja Koresh, yaitu pertama, silinder Koresh yang merupakan tulisan kuno berbentuk ukiran. Biasanya disebut dengan Tawarikh Nabonidus atau prasasti kuno bertulisan kuneiform (huruf paku) yang termasuk kumpulan Tawarikh Babilonia. Catatan sejarah ini juga menceritakan bagaimana orang Persia merebut kota Babel. Istana Babel memiliki gerbang yang begitu indah dengan tembok yang berkilau biru terang setinggi 47 kaki dan lebarnya 100 kaki. Temboknya dihiasi dengan gambar singa, yang mengingatkan tentang kisah Alkitab tentang Daniel, yang dilemparkan ke goa Singa.

Nabi Yesaya bernubuat bahwa keturunan Yehuda akan dibawa ke pembuangan oleh bangsa Babel dan Daniel adalah keturunan Yehuda. Nabi Yesaya juga mengatakan kalau Koresh akan memimpin dan dipakai Tuhan untuk menyelamatkan keturunan Israel dari tawanan Babel. Tapi yang paling keren adalah Yesaya menuliskan tentang Koresh 200 tahun
sebelum hal itu terjadi.

Tuhan sudah tahu sebelum semuanya terjadi. Babel akan mengalahkan Yehuda dan membawa Daniel ke pembuangan. Tuhan berkata jauh sebelum Raja Koresh lahir bahwa Dia akan menaklukkan Babel. Tuhan tahu kalau Darius akan memimpin kerajaan dan suatu hari Raja Darius dan Daniel akan berteman dan Tuhan sendiri akan menyelamatkan Daniel dari singa-singa, tepat di depan Raja. Sama seperti Tuhan tahu bahwa para ahli
sejarah dan arkeolog akan terus menceritakan kisah ini sampai ribuan tahun ke depan.

 

Baca Juga: TOKOH ALKITAB INI DIPAKAI TUHAN WALAUPUN PUNYA KEKURANGAN LHO!

 

Saksikan Fakta Tentang Kota Babel di Youtube Superbook Indonesia di bawah ini yuk.

 

 

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK