ARTICLE

Mon - Apr 01, 2024 / 168 / Parenting

Cara Mengatasi Trauma pada Anak Kecil

Trauma pada anak kecil dapat disebabkan oleh berbagai peristiwa, seperti kecelakaan, kekerasan, bencana alam, atau perpisahan dengan orang tua. Trauma ini dapat berdampak besar pada perkembangan anak, baik secara fisik maupun emosional. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu anak kecil mengatasi trauma:

 1. Mengenali Reaksi Anak terhadap Trauma

Setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam merespons trauma. Beberapa anak mungkin menunjukkan gejala yang jelas, seperti mudah menangis, cemas, atau takut. Sementara itu, anak lain mungkin menunjukkan gejala yang lebih tersembunyi, seperti perubahan perilaku atau kesulitan belajar. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut pada anak, penting untuk segera mencari bantuan profesional.

  2. Memberikan Rasa Aman untuk Anak 

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak yang mengalami trauma adalah dengan memberikan rasa aman dan nyaman. Dengan rutinitas yang stabil, kasih sayang, perhatian, ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.

 3. Berkomunikasi dengan Anak 

Berbicara dengan anak tentang traumanya dapat membantunya untuk memahami dan memproses apa yang terjadi. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, berikan anak waktu untuk berbicara, dengarkan dengan penuh perhatian, validasi perasaan anak, dan hindari memaksa anak untuk melupakan atau menekan perasaannya.

  4. Memberikan Dukungan kepada Anak 

Anak yang mengalami trauma membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Berikan dukungan emosional, dukungan praktis, dan dukungan sosial. Carilah bantuan profesional jika diperlukan. Dengan memberikan dukungan yang menyeluruh, orang tua, pengasuh, dan orang-orang di sekitar anak dapat membantu mereka merasa aman, dicintai, dan diterima.

  5. Melakukan Kegiatan Positif

Melakukan kegiatan positif bersama anak dapat membantu mereka merasa lebih baik dan move on dari traumanya. Beberapa kegiatan positif yang dapat dilakukan adalah bermain, olahraga, berkarya seni, melakukan kegiatan relaksasi, dan kegiatan positif lainnya yang dapat membantu anak merasa lebih tenang dan damai.

Membantu anak usia dini mengatasi trauma memang tidak mudah. Diperlukan kesabaran, kasih sayang, dan waktu yang cukup untuk membantu mereka pulih. Namun, ingatlah bahwa Tuhan selalu menyertai dan memberikan kekuatan bagi orang tua dan anak. Sebagaimana disebutkan dalam Mazmur 46:2 “Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.”

Percayalah bahwa Tuhan akan selalu membantu orang tua dan anak melewati masa-masa sulit ini. Teruslah berdoa dan berserah diri kepada-Nya, dan yakinlah bahwa Dia akan memberikan kelegaan dan pemulihan yang sempurna.

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK