ARTICLE

Mon - May 20, 2024 / 287 / Daily Devotional

Cara Membedakan Suara Tuhan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dipenuhi dengan berbagai pilihan. Setiap hari kita memilih pakaian, makanan, dan banyak hal lainnya. Namun, ada juga pilihan besar yang harus kita buat seperti pekerjaan, tempat tinggal, hingga pasangan hidup. Bagaimana kita tahu mana yang sesuai dengan kehendak Tuhan? Mari kita renungkan cara-cara untuk membedakan suara Tuhan.

Cara Tuhan Berbicara Pada Kita

1. Penglihatan Melalui Mimpi

Tuhan bisa berbicara melalui mimpi. Seperti dalam Ayub 33:14-16, Tuhan berbicara dalam mimpi ketika kita tidur. Meski sulit membedakan mana mimpi dari Tuhan, kita bisa berdoa untuk meminta petunjukNya.

2. Melalui Firman Tuhan

Firman Tuhan adalah cara paling umum Tuhan berbicara kepada kita. Dalam Ulangan 28:1, kita diingatkan untuk mendengarkan suara Tuhan dan menaati perintah-Nya. Membaca Alkitab membantu kita mengenali suara Tuhan.

3. Perasaan dan Naluri

Tuhan juga bisa berbicara melalui perasaan atau firasat. Roh Kudus dalam diri kita bisa memberikan naluri yang membantu kita dalam membuat keputusan.

4. Melalui Orang Lain

Tuhan bisa menggunakan orang lain untuk menyampaikan suara-Nya, memberikan nasihat yang tepat sesuai dengan kehendak-Nya.

Cara Membedakan Suara Tuhan

1. Tidak Bertentangan dengan Firman Tuhan

Setiap pilihan harus selaras dengan ajaran Alkitab. Ini penting, terutama dalam keputusan besar seperti pernikahan atau pekerjaan.

2. Merasa Damai Sejahtera

Jika kita merasakan damai dalam keputusan kita, itu bisa menjadi tanda bahwa kita berada di jalur yang benar.

3. Untuk Kemuliaan Tuhan

Keputusan yang kita buat harus mendekatkan kita kepada Tuhan dan memuliakan nama-Nya. Pilihan yang membawa kita menjauh dari Tuhan bukanlah pilihan yang benar.

BACA JUGA: Pentingnya Mendengarkan Suara Roh Kudus

Nah SuperParents bisa mengajarkan anak membedakan suara Tuhan dengan cara ajak anak-anak mulai dengan berdoa dan membaca Alkitab setiap hari. Ini membantu mereka mendengar suara Tuhan dan memahami kehendak-Nya. Selain itu, diskusi dengan SuperParents tentang keputusan dan perasaan mereka bisa membantu anak-anak memahami lebih baik pilihan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Super Ayat

Yohanes 10:27 'Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku.'

Ayat ini mengajarkan kita bahwa mengenal suara Tuhan adalah bagian dari hubungan yang intim dengan-Nya. Untuk itu yang utama untuk bisa mendengar dan membedakan suara Tuhan adalah dengan mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan. Ini membantu kita membuat keputusan yang bijaksana dan selaras dengan kehendak Tuhan.

Download PDF

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK