ARTICLE

Thu - Mar 28, 2019 / 2364 / Parenting

Cara Melatih Hati Anak-anak Lewat Firman Tuhan

Melatih hati anak dengan Firman Tuhan adalah cara terbaik dalam mendidik dan melatih anak-anak kita. Tuhan berkata pada orangtua maupun guru sekolah Minggu untuk membawa anak-anaknya dalam asuhan dan nasihat Tuhan (Efesus 6:4). Tuhan juga sudah menyediakan semua yang kita butuhkan kok untuk tugas tersebut (2 Timotius 3: 16).

Seringnya kita sebagai guru sekolah Minggu dan orangtua memandang perilaku anak yang salah bukan sebagai sebuah peluang, justru kita menganggapnya sebuah gangguan. Saking nggak sabarnya dengan perilaku mereka, kita lebih ingin kalau mereka tidak mengulangi tindakan itu dengan membentak atau berteriak “hentikan!”, “jangan begitu donk!, “jangan berantem!”, dan lainnya.

Baca juga : LAKUKAN 7 HAL INI KALAU ANDA SEDANG STRES MENJADI ORANGTUA

Ketika kita melakukan hal itu, kita justru melewatkan sebuah kesempatan untuk mengarahkan anak pada Firman Tuhan tentang perilaku tersebut, fokus masalahnya, dan bagaimana menyelesaikannya. Jika kakak guru sekolah Minggu dan orangtua ingin agar pertumbuhan iman anak dapat bertahan lama, kita harus fokus untuk mengasuh hatinya, seperti:

1. Pastikan semangat dan motivasi kita benar sebelum mengoreksi anak

Jangan melakukan pendekatan kepada anak dengan amarah karena kita akan kehilangan “hati” dan atensi mereka terhadap arahan maupun Firman Tuhan. Jadi caranya begini :

“Papa/ mama/ kakak tahu kalau kamu mencintai Tuhan dan mau menyenangkan-Nya, tapi kalau kamu begitu, Tuhan nggak senang lho. Yuk kita lihat jawaban Tuhan tentang perilakumu dan yang harus kamu lakukan supaya Dia bahagia.”

 

Sumber: Today's Parent

2. Ingatlah, tujuannya adalah untuk mengoreksi dan mendisiplinkan.

Disiplin merupakan hal yang penting. Lewat disiplin yang baik akan mengantarkan anak untuk mempunyai hubungan yang baik dengan Tuhan. Mengoreksi anak secara Alkitabiah juga salah satu cara terbaik memenangkan hati anak untuk Tuhan selamanya.

 Baca juga : JANGAN HANYA KESAL SAMA ANAK YANG SULIT DIATUR, BANTU MEREKA DENGAN MELAKUKAN…

3. Mengoreksi dengan Firman Tuhan memang membutuhkan waktu.

Ketika kita melihat perilaku yang salah, ambilah Alkitab, kemudian tunjukkan ayat dimana menggambarkan perilaku anak tersebut dan tuntun bagaimana harus memperbaikinya. Ajaklah anak berdiskusi lalu berdoa bersama setelah itu. Memang membutuhkan waktu, tapi itu berharga lho!

 

4. Firman Tuhan memiliki kuasa lebih dari perkataan kita, jadi kita tidak perlu tuh ngomel lagi.

Firman Tuhan itu berhubungan dengan bagaimana cara kita dan anak-anak hidup di dunia. Itu adalah cara yang praktis dan efektif agar mudah dimengerti oleh anak.

Selamat melatih dan mendidik anak sesuai denga Firman Tuhan. Walaupun membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tapi hasilnya akan indah bagi masa depan anak-anak kita. Tuhan Yesus memberkati.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK