ARTICLE

Mon - Aug 20, 2018 / 4898 / Parenting

Cara Ampuh Mengajarkan Anak Untuk Berdoa Bagi Bangsa dan Pemimpin di Indonesia

17 Agustus, selalu kita peringati sebagai hari kemerdekaan negara kita tercinta. Apakah kakak sudah mengajak anak untuk berdoa bagi Indonesia?

Ketika mendengar anak-anak mengutarakan apa yang terjadi di Indonesia dan dunia, bertanya tentang apa yang mereka dengar di berita, mengekspresikan kecemasan mereka pada hal yang terjadi pada orang-orang di seluruh dunia, maka sudah waktunya kita mengajarkan mereka berdoa bagi negaranya. Dengan doa, kita memperlengkapi mereka untuk peka dan menjadi perpanjangan tangan Tuhan menjawab umat-Nya.

Baca juga: 3 LANGKAH MUDAH BANTU ANAK TERBIASA TIDUR SENDIRI

Berita datang 24 jam dalam sehari, mulai dari media sosial, televisi, internet, dan berbagai media. Hampir tidak mungkin anak tidak mengetahui kabar disekitarnya. Apalagi mereka yang masih penuh keingintahuan.  Saat kita mengajarkan anak untuk berdoa, kita memberikan kepercayaan kepada mereka untuk berbicara dengan Tuhan, dan hasilnya akan terlihat pada kedamaian di hati dan pikiran mereka.

Dengan mengajarkan anak berdoa untuk pemimpin negara ini, guru-guru, negara, dan lingkungan mereka berarti kita memberikan ‘senjata’ yang kuat untuk memenangkan peperangan menghadapi si jahat. Sebagai pengikut Tuhan, ada beberapa ayat yang dapat menguatkan anak dalam berdoa :

Sumber: SpiritualRay

Yakobus 5:16

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh . Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Filipi 4:6-7

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Dan yang terakhir,

1 Timotius 2: 1-4

Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

Ajarkanlah kepada anak agar mereka tidak perlu khawatir pada apapun juga, punya iman yang teguh saat berdoa, dan jangan lupa untuk terus mendoakan pemerintahan serta negara. Caranya mudah kok. Kakak bisa mengajarkan anak untuk negara lewat “tas doa”. Tas doa ini berisi daftar apa yang mereka doakan dan isi doanya.

Sumber: Sekolah Harapan Bangsa Balikpapan

Di setiap harinya, ajak anak mendoakan:

Senin     - Guru dan pelatih mereka (Sebutkan namanya)

Selasa   - Pemimpin daerah atau lingkungan sekitar anak (Sebutkan namanya)

Rabu      - Pendeta, Pastor, dan guru agama (Sebutkan namanya)

Kamis    - Presiden, aparatur negara, dan anggota pemerintahan (Sebutkan nama atau lembaganya)

Jumat    - Penegakan hukum dan pelayanan masyarakat  (Sebutkan nama atau lembaganya)

Mendoakan guru dan pemimpin agama memang paling mudah, tapi kalau sudah tentang pemimpin daerah ataupun lembaga negara, anak perlu bantuan orang tua atau kakak guru. Bagikan anak-anak lembaran doa agar mereka bisa mengisi siapa yang mereka doakan dengan template ini:

Baca juga: BACALAH 5 AYAT ALKITAB INI KETIKA KAMU SEDIH DAN KECEWA DENGAN ANAK-ANAK

“Tuhan Yesus, aku berdoa untuk ______________________________ agar mereka dapat memimpin dan menjalani hidup seturut kehendak-Mu Tuhan.

Aku berdoa ________________________ agar selalu bisa menyenangkan-Mu lewat perbuatannya.

Aku berdoa agar ________________________ mau mengenal-Mu lebih dalam lagi.

Dan aku mendoakan ___________________________ supaya pantang menyerah dan penuh dengan sukacita saat menjalankan tanggung jawabnya. Terima kasih Tuhan. Amin.”

Doakan ini setiap harinya agar anak terbiasa dan mengenal pemimpin – pemimpin di negaranya. Selamat mencoba. (CC)

Sumber: futureflyingsaucers.com

Contasia Christie

Content Writer Superbook
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK