ARTICLE

Wed - Dec 13, 2023 / 262 / Parenting

CARA EFEKTIF AGAR ANAK MAU MENDENGARKAN PERKATAAN ORANG TUA

 

'Anak adalah anugerah Tuhan yang perlu dibimbing dengan kasih sayang dan bijaksana.' Itulah ungkapan yang sering kita dengar. Namun, bagaimana caranya agar anak mau mendengarkan perkataan orang tua? Simak beberapa tips sederhana berikut yang bisa menjadi kunci keberhasilan dalam berkomunikasi dengan si kecil.

1. Berkomunikasi dengan Penuh Kasih Sayang

Berbicara dengan anak bukan hanya sekedar menyampaikan pesan, tetapi juga melibatkan hati dan kasih sayang. Pastikan anak merasakan cinta dan perhatian dalam setiap kata yang kita ucapkan. Dengan cara ini, mereka lebih termotivasi untuk mendengarkan dan memahami.

2. Gunakan Bahasa yang Sesuai dengan Usia

Pilih kata-kata yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit atau terlalu teknis. Komunikasi yang efektif harus disesuaikan dengan usia dan tingkat pengertian anak agar mereka dapat merespon dengan baik.

3. Berikan Penjelasan yang Jelas

Anak-anak cenderung lebih mau mendengarkan jika mereka tahu alasan di balik sebuah perintah atau arahan. Jelaskan dengan sederhana dan jelas mengapa sesuatu perlu dilakukan atau mengapa suatu aturan diterapkan. Dengan begitu, mereka akan lebih memahami dan merasa dihargai.

4. Ajak Anak Berpartisipasi

Libatkan anak dalam pembicaraan. Biarkan mereka menyampaikan pendapat atau memberikan masukan. Ini bukan hanya membuat mereka merasa dihargai, tetapi juga membantu mereka merasa memiliki bagian dalam keputusan keluarga. Semakin mereka merasa terlibat, semakin besar kemungkinan mereka mendengarkan.

5. Buat Aturan yang Konsisten

Ketegasan dan konsistensi dalam menerapkan aturan sangat penting. Anak-anak cenderung lebih aman dan nyaman ketika mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka. Pastikan aturan yang dibuat bersifat jelas dan konsisten, sehingga anak dapat memahami batasan-batasan yang ada.

6. Gunakan Cerita atau Contoh Nyata

Anak-anak seringkali lebih mudah memahami konsep-konsep abstrak melalui cerita atau contoh nyata. Gunakan kisah-kisah sederhana atau contoh dari kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan nilai-nilai atau pelajaran yang ingin kita sampaikan.

7. Memberikan Pujian dan Dorongan

Berikan pujian ketika anak mematuhi aturan atau mendengarkan dengan baik. Pujian bisa menjadi penghargaan positif yang meningkatkan motivasi anak untuk terus mendengarkan. Jangan ragu memberikan dorongan ketika mereka melakukan kesalahan, dan ajarkan mereka cara untuk memperbaikinya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kita dapat membimbing anak untuk menjadi pendengar yang baik. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri, jadi penting untuk mencari pendekatan yang paling efektif sesuai dengan kepribadian masing-masing. Selamat berkomunikasi dengan anak-anak kita, SuperParents!

Jika SuperParents ingin mendapatkan inspirasi lebih lanjut seputar keluarga dan pendidikan anak, kunjungi terus website Superbook Indonesia untuk membaca berbagai artikel dan materi yang bermanfaat.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK