ARTICLE

Wed - Jul 04, 2018 / 1859 / Inspirational

Bukan Cuma Anak yang Butuh Teman, Orang Tua Juga Lho!

Peran orang tua yang begitu besar kadang membuat kita mudah stres. Segudang masalah yang ada dirumah, kantor, maupun yang berkaitan dengan keluarga kita alami dan seakan harus diselesaikan secepat-cepatnya.

Tidak jarang beberapa ibu yang “kaget” dengan kondisi ini bisa mengalami baby blues karena memang ia belum siap. Tapi ada salah satu cara yang bisa membuat kita tetap waras dan tidak stress, yaitu dengan kehadiran teman. Inilah alasannya:

 

1. Dukungan dari teman menguatkan kita

Pengalaman jadi orang tua adalah sebuah kesempatan luar biasa, sangat berarti sekaligus melelahkan yang terjadi dalam kehidupan kita. Rasa lelah yang kita rasakan memang akan terbayar ketika mengetahui mereka bisa tumbuh dengan baik, tapi akan ada waktu dimana kita mendapati diri bosan dan kelelahan dengan rutinitas orang tua.

Akan ada waktu dimana kita merasa sendirian dan mencari sosok teman yang mau mendengarkan keluh kesah kita sebagai orang tua. Kehadiran sosok teman bisa menguatkan kalau kita mampu menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak.

 

2. Teman bisa dijadikan sebagai sumber informasi  

Selain pasangan, dokter dan orang tua, mana lagi orang yang bisa memberikan informasi selain teman? Terlebih kalau teman tersebut telah menjadi orang tua lebih lama dibanding kita. Saling bertukar informasi tentang parenting bisa menjadikan kita orang tua yang jauh lebih kaya dalam pola mengasuh anak. Belum lagi, kehadiran anak ditengah-tengah pertemanan kita bisa menjadikan hubungan pertemanan kita semakin kuat.

 

3. Sebagai tempat pelarian

Kapan terakhir kita meluangkan waktu untuk diri sendiri? Sesekali, kita perlu memanjakan diri dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Teman bisa menjadi pelarian saat kita sedang merasa capek atau bosan saat mengasuh anak.

 

4. Sumber bantuan

Punya teman bisa berarti kita punya uluran tangan lebih untuk membantu setiap kesusahan. Jujur deh, punya anak itu pekerjaan yang melelahkan. Ada saatnya kita butuh orang untuk membantu saat merasa kelelahan dengan pekerjaan rumah maupun mengasuh anak-anak. Saat masa tersebut hadir, cobalah untuk menghubungi teman terdekat untuk meminta pertolongan mereka.

Menjadi orang tua memang akan mengubah gaya pertemanan kita, sebab kita harus bisa membatasi waktu untuk bersama mereka. Disisi lain, punya orang lain diluar keluarga akan sangat membantu kita menjadi pribadi yang tetap ‘waras’ dan terbebas dan stres yang seringkali kita rasakan saat menjadi orang tua. (CC)

Sumber: jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK