ARTICLE

Thu - Jan 04, 2024 / 638 / Sunday School

Belajar dari Cerita Alkitab Yunus Dengan Superbook, Seru Loh

Kisah Yunus di perut ikan merupakan salah satu ceria Alkitab yang populer di kalangan anak sekolah minggu. Kisah seru perjalanan Yunus dapat ditonton juga di Youtube Superbook loh.

Nah sebenarnya kakak-kakak bisa mempelajari cara mengajarkan cerita Alkitab Yunus ini lewat Superbook Academy. Ada aktivitas seru untuk anak loh, salah satunya membuat kartu rencana berbentuk ikan. Buat kakak-kakak guru sekolah minggu yang ingin menggunakan kurikulum Superbook, bisa menghubungi Call Center CBN dengan KLIK DISINI.

Kita lanjutkan ya, kebenaran apa saja sih yang kita bisa ajarkan kepada anak-anak sekolah minggu lewat cerita Alkitab Yunus?

Secara singkat cerita Yunus adalah seperti ini :

Yunus awalnya menolak panggilan Tuhan untuk ke Niniwe dan melarikan diri ke Tarsis, namun Tuhan tetap memanggilnya dan saat ia dilemparkan ke laut karena badai, Tuhan menyelamatkannya melalui seekor ikan yang menelannya. Di perut ikan itu ia bertobat. Setelah pengalaman itu, Yunus mematuhi panggilan Tuhan dan memberi peringatan kepada orang Niniwe, yang membuat semua orang Niniwe bertobat dan diselamatkan.

Dari cerita Alkitab Yunus ini anak-anak dapat belajar tentang beberapa hal, yaitu:

- Pentingnya ketaatan

- Setiap keputusan ada akibatnya

- Dampak pertobatan, dan belas kasih Tuhan.

Cerita Yunus juga dan menginspirasi anak-anak untuk taat dan percaya kepada Firman Tuhan. Selain itu menunjukkan bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi, seperti ketidaktaatan Yunus membawanya mengalami badai dan membuatnya dibuang ke laut.

Lalu ada hal yang sangat penting, yaitu agar mereka belajar bahwa tidak ada dosa yang terlalu besar untuk diampuni oleh Tuhan jika kita bertobat. Sebab kasih Tuhan sangat besar, sehingga Ia mengirimkan Putra-Nya yang tunggal yaitu Yesus Kristus untuk menebus dosa-dosa mereka. Sama seperti Tuhan juga mengampuni Yunus dan semua orang Niniwe ketika mereka bertobat.

“Sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyanyang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya.” - Yunus 4:2b

Melalui cerita Yunus, anak-anak dapat memahami bahwa Tuhan selalu memberikan kesempatan untuk belajar, bertumbuh, dan mengubah arah hidup mereka. Dengan meresapi nilai-nilai ini, anak-anak diharapkan semakin mengasihi Tuhan dan firman-nya, bahkan menjadi seperti Yunus, mereka memiliki keberanian untuk menceritakan tentang kabar keselamatan di dalam Yesus Kristus.

Wow, ternyata cerita Yunus ini sangat luar biasa ya. 

YUK TONTON VIDEO CERITA ALKITAB YUNUS DI PERUT IKAN DISINI

Puji Astuti

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK