ARTICLE

Thu - Jul 27, 2023 / 6462 / Inspirational

Belajar Mengampuni Dari Kisah Yakub dan Esau

Kisah Yakub dan Esau menjadi sesuatu yang menarik diajarkan kepada anak-anak. Keduanya adalah anak kembar tapi akhirnya berujung pada permusuhan.

Yakub harus melarikan diri karena kesalahannya kepada Esau, seperti kisah yang bisa kita baca di Kejadian 27: 1-41. Namun melalui perjuangan dan pengalaman hidupnya, Yakub meminta maaf kepada Esau dan Esau memaafkan Yakub karena dia memiliki kasih Tuhan.


Kisah Yakub dan Esau

Pada zaman Abraham, Ishak dan Yakub menunjukkan kalau banyak keluarga di zaman itu yang hidup secara nomaden. Artinya sering berpindah-pindah. Ketika Yakub meninggalkan keluarganya, dia menuju arah Utara dan Arab di dekat Haran.

 

Baca Juga: JADI TELADAN BAGI SEMUA ORANG, BELAJAR DARI ORANG SAMARIA YANG BAIK HATI YUK

 

Dalam perjalanan, Yakub bermimpi tentang tangga yang ujungnya sampai ke surga dan para malaikat naik turun tangga itu. Waktu Yakub bangun, dia menamai tempat itu Betel, yang artinya 'rumah Allah'. Untuk menandai tempat itu, Yakub membuat sebuah tugu batu.


Kota Haran berada di Turki masa kini. Kota ini berada di jalur perdagangan utama dan area yang berkembang. Abraham pernah tinggal di sini. Ishak dan Yakub bertemu dengan istri mereka di sini selama 20 tahun. Yakub tinggal dengan pamannya Laban ketika Yakub mau pindah dari tempat itu. Allah kembali berbicara kepada Yakub melalui mimpi dan menyuruhnya kembali ke tanah nenek moyangnya.


Dalam perjalanannya pulang, di suatu malam Yakub bergulat dengan Tuhan dan saat itulah Tuhan mengganti nama Yakub menjadi Israel. Yakub mempunyai 12 anak yang menjadi 12 suku Israel. Yakub hidup berpindah-pindah seumur hidupnya dan berakhir di Mesir. Sebelum meninggal Yakub berpesan agar dia dikuburkan dengan ayahnya Ishak dan kakeknya Abraham di tanah perjanjian Kanaan.

Pada awal abad ke-20, para arkeolog berhasil menemukan kota Nuzi, kota kuno di Irak masa kini. Kota ini sudah ada semenjak masa patriarki pada zaman kekaisaran Asyur. Prasasti berusia ribuan tahun yang ditemukan di sana menjelaskan kebiasaan yang banyak dilakukan pada zaman Ishak. Ditemukan bahwa saat itu hak kesulungan bisa dijual.


Yakub sudah bertobat Setelah dia mengambil hak kesulungan Esau dan menipu Ishak untuk memberkatinya dengan berkat Esau. Yakub bekerja selama 20 tahun membina keluarganya sendiri jauh dari Esau dan orang tuanya. Ketika Yakub harus bertemu lagi dengan Esau, Yakub merendahkan dirinya saat bertemu dia. Dengan kerendahan hati, dia berlutut dihadapan Esau, menurut tradisi itu adalah bentuk penghormatan mendalam kepada orang penting. Kebiasaan ini tertulis di prasasti Tanah Liat dari zaman Mesir kuno yang disebut surat Amanah.

 

Baca Juga: 7 PAHLAWAN DI ALKITAB YANG BISA JADI TELADAN HIDUP ANAK

 

Kisah Yakub dan Esau mengajarkan kita beberapa teladan yang dapat kita lakukan sebagai anak Tuhan:

1. Memaafkan orang yang menyakiti hati kita

Meskipun Esau awalnya marah pada Yakub karena telah mengambil hak kesulungannya, ia akhirnya memilih untuk memaafkan Yakub karena kasih yang ada di hatinya.

2. Mengasihi musuh kita

Ini mungkin hal yang paling sulit dilakukan, namun dengan kasih Tuhan, kita dapat mengasihi orang yang menyakiti kita dan memberikan perdamaian dan sukacita bagi diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita.

3. Menjadi berkat bagi orang lain

Ketika kita memilih untuk memaafkan dan mengasihi musuh kita, kita menjadi teladan yang positif bagi orang lain dan memberikan kesaksian tentang kasih Tuhan yang besar dalam hidup kita.

4. Menemukan kedamaian dalam pergumulan hidup

Seperti Yakub yang bergumul dengan Allah dan manusia, kita juga menghadapi tantangan hidup. Namun, dengan mengandalkan Tuhan, kita dapat menemukan kedamaian dan kesuksesan dalam setiap pergumulan.

 

Yuk saksikann kisah selengkapnya di Youtube Channel Superbook Indonesia di bawah ini.

 

 

 

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK