ARTICLE

Tue - Aug 08, 2023 / 2837 / Inspirational

Belajar Kisah Alkitab Tentang Yohanes Pembaptis

Namanya adalah Yohanes Pembaptis. Siapa di antara kalian yang mengenal kisahnya? Bagi yang mungkin lupa atau bahkan belum mengetahuinya, mari kita eksplorasi bersama kisah menarik ini. Bagaimana sih perjalanan Yohanes Pembaptis?

Pesan awal yang diusung oleh Yohanes Pembaptis adalah seruan untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan. Ia menyampaikan bahwa kerajaan surga sudah dekat, dan ini mengajak manusia untuk merenungkan tindakan mereka dan bersedia berubah.

Yohanes memiliki karakter yang unik. Meskipun banyak orang datang untuk dia dibaptis, dia tetap rendah hati dan berkata, 'Seharusnya aku yang engkau baptis, kenapa engkau memintaku untuk membaptismu?' Sikap ini mencerminkan pentingnya menghormati kehendak Tuhan dan mengutamakan-Nya di atas segalanya.

 

Baca Juga: BELAJAR MENGAMPUNI DARI KISAH YAKUB DAN ESAU

 

Waktu orang lain bertanya tentang Mesias yang dinantikan, Yohanes sendiri tidak mengklaim dirinya sebagai Mesias. Dia menjelaskan bahwa Mesias yang lebih berkuasa akan datang, dan ia tidak menonjolkan dirinya.

Di saat-saat lain, Yohanes dengan tegas menegur orang-orang yang melakukan dosa, bahkan saat itu melibatkan orang yang berkuasa seperti Herodes. Ia tidak gentar menyuarakan kebenaran, walau ini membawanya ke dalam masalah dan penjara. Ini menunjukkan keberaniannya menyampaikan kebenaran dan keadilan.

Tapi pada akhirnya, Yohanes sendiri ditangkap dan dipenjarakan. Bahkan ketika berada dalam situasi sulit ini, ia tidak pernah melupakan pesannya tentang pertobatan. Ia bahkan mengirim utusan untuk menanyakan kepada Yesus apakah Ia adalah Mesias yang dijanjikan ataukah orang lain yang harus mereka nantikan.

Pesan Yohanes ini mungkin sulit dipahami oleh beberapa orang. Terutama ketika ia menegur Herodes dan istri saudaranya atas pernikahan mereka yang melanggar hukum Tuhan. Sampai teguran ini membuatnya harus dihukum mati dengan cara kepalanya dipenggal.

 

Baca Juga: JADI TELADAN BAGI SEMUA ORANG, BELAJAR DARI ORANG SAMARIA YANG BAIK HATI YUK

 

Tapi di tengah situasi ini, Yohanes Pembaptis menunjukkan keberanian luar biasa. Dia menjadi contoh sosok yang tampil berani untuk menyuarakan kebenaran dan mempertahankan prinsip hidup yang benar, tanpa takut menghadapi konsekuensi.

Sama halnya seperti belalang pemberani dan madu yang bermanfaat, Yohanes Pembaptis memberikan inspirasi dan mengajarkan bahwa kita perlu berani hidup berbeda dari dunia, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, dan selalu siap untuk menyampaikan pesan pertobatan dan kasih kepada sesama.

Yuk saksikan cerita Yohanes Pembaptis selengkapnya di Youtube Superbook Indonesia di bawah ini:

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK