ARTICLE

Mon - Oct 23, 2023 / 134 / Parenting

BAHAYA! 5 HAL INI HARUS SUPER PARENTS HINDARI AGAR TIDAK MENYAKITI HATI ANAK

Sebagai Orang tua, parenting merupakan tugas yang tak pernah berakhir dan seringkali dipenuhi dengan tantangan. Sering kali kita merasa kebingungan dalam menjalani peran penting ini. Namun, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perilaku kita terhadap anak-anak. Terkadang, tanpa disadari, kita melakukan tindakan yang bisa menyakiti mereka. Inilah beberapa perilaku yang perlu SuperParents hindari:

1. Mengatur semua hal tanpa melibatkan anak

Terkadang kita terlalu mengendalikan segala hal dalam kehidupan anak, bahkan hingga sedetail mungkin tanpa melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan. Hal ini ternyata bisa menghambat perkembangan mereka loh SuperParents! Anak perlu merasakan memiliki kendali atas hidup mereka dalam batasan yang aman.

2. Body Shaming dengan Lelucon

Tanpa kita sadari, seringkali kita merendahkan penampilan anak, bahkan jika disajikan sebagai lelucon. Misalnya: 'Yaampun nak, pipimu tembem banget ngalahin bakpao!', niat kita tentu saja hanya bercanda, tapi siapa yang menyangka jika lelucon kita dapat merusak harga diri mereka. Ini bisa memengaruhi citra diri dan perkembangan emosional anak.

 

BACA JUGA: MUNCUL ISTILAH EGGSHELL PARENTS, SEBAHAYA INI LHO DAMPAKNYA TERHADAP ANAK

 

3. Tidak Mau Mendengar Pendapat Anak

Anak memiliki pandangan dan perasaan mereka sendiri. Mendengarkan mereka adalah cara untuk menghormati keberadaan mereka dan membantu mereka merasa dihargai.

4. Meremehkan Perasaan Anak

Jangan pernah meremehkan perasaan anak. Mereka mungkin tidak memiliki pengalaman dewasa, tetapi perasaan mereka sama pentingnya dengan perasaan kita.

5. Menyalahkan dan Memarahi Anak

Alihkan fokus dari mencari kesalahan kepada membantu anak menemukan solusi. Marah dan menyalahkan hanya membuat anak merasa tidak aman.

 

BACA JUGA: 9 AYAT ALKITAB TENTANG ANAK DAN HAK-HAKNYA YANG WAJIB DIPENUHI

 

Perilaku-perilaku ini mungkin terlihat sepele, tapi bagi anak-anak, mereka bisa meninggalkan bekas yang mendalam.

Ingatlah pengalaman masa kecil kita sendiri dan cobalah untuk menghindari tindakan yang bisa menyakiti anak-anak kita. Sebagai orang tua, kita memiliki peran besar dalam membentuk perkembangan anak-anak kita. Jadi, mari berusaha menjadi orang tua yang bijak dan penuh kasih.

CBN Indonesia terus bergerak melalui pemuridan generasi anak. Salah satu fokus kami adalah memuridkan anak dna juga orang tuanya. Karena itulah kami juga menyediakan program The Parenting Project. Jika Anda ingin menjadi Superparents yang lebih baik, yuk temukan bahan parenting melalui website kami di theparentingproject.id.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK