ARTICLE

Fri - Oct 27, 2023 / 223 / Parenting

BAGAIMANA MEMBANTU ANAK LAKI-LAKI SUPERPARENTS TUMBUH DALAM PERSAHABATAN YANG POSITIF?

Bagi orang tua dengan lebih dari satu anak di rumah, SuperParents harus tahu bahwa persahabatan sering dimulai dari keluarga, terutama dengan saudara kandung. Namun, terkadang anak-anak tidak memiliki saudara kandung sebagai teman, atau perbedaan usia yang cukup jauh membuat mereka kesulitan untuk bersahabat. Oleh karena itu, sebagai orangtua, kita berdoa agar anak-anak kita dapat tumbuh menjadi dekat dan melanjutkan persahabatan mereka dari masa kecil hingga dewasa.

 

BACA JUGA: 3 TIPE TEMAN YANG DIBUTUHKAN OLEH ANAK SESUAI FIRMAN TUHAN

 

Terkhusus, anak laki-laki sering kali memiliki cara yang berbeda dalam menjalin persahabatan. Beberapa anak laki-laki cenderung menemukan teman melalui aktivitas yang terfokus seperti olahraga, musik, klub, atau proyek sekolah. Mereka mungkin tidak terlalu aktif dalam bersosialisasi, tetapi mereka membangun persahabatan melalui kesamaan minat.

Namun, ada juga anak laki-laki yang sangat senang bersosialisasi dan mudah mengenal seseorang, sehingga mereka seringkali tidak dapat memilih teman yang tepat. Bagi anak-anak seperti ini, memiliki teman yang dapat membantu mereka dalam membuat keputusan positif dan memengaruhi mereka dengan nilai-nilai yang benar adalah sangat penting.

Sebagai orang tua, ada beberapa cara yang dapat SuperParents lakukan untuk membantu anak-anak kita membangun persahabatan yang baik:

1. Bicarakan tentang teman yang baik

Diskusikan dengan anak Anda tentang karakteristik teman yang baik, seperti kejujuran, kesetiaan, dan dukungan.

2. Beri kesempatan untuk berinteraksi

Luangkan waktu untuk membawa anak Anda ke aktivitas atau acara di mana dia dapat berinteraksi dengan teman sebaya atau orang lain.

3. Ajak dia untuk menjadi tuan rumah

Biarkan anak Anda menjadi tuan rumah bagi teman-temannya dengan mengadakan kegiatan atau pertemuan bersama.

4. Tanyakan tentang pertemanan

Ajukan pertanyaan kepada anak Anda tentang pertemanan mereka dan apa yang mereka pelajari dari teman-teman mereka.

5. Fasilitasi minat bersama

Dorong anak SuperParents untuk mengejar minat bersama dengan teman sebaya, seperti seni, teknik, atau kegiatan lainnya.

BACA JUGA: BUKAN MEMBALAS, AJARKAN ANAK MENGASIHI TEMAN DENGAN 7 AYAT ALKITAB INI

 

Terakhir, sebagai orang tua, SuperParents harus memberikan contoh yang baik dalam hubungan kita dengan teman-teman kita. Bagaimana kita berinteraksi dan menjalani persahabatan akan menjadi panduan bagi anak-anak SuperParents dalam membentuk hubungan yang sehat.

Semua anak membutuhkan teman, dan sebagai orang tua, kita berperan penting dalam membantu mereka memahami bagaimana cara membangun persahabatan yang baik.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK