ARTICLE

Sat - Jan 12, 2019 / 980 / Parenting

Ayat Alkitab yang Dapat Diingat Anak di Tahap Awal Belajar Firman Tuhan

Jangan berpikir kalau anak SuperTeacher dan SuperParents terlalu muda untuk melakukan hal ini. Sebenarnya otak mereka itu masih seperti spons yang kering, siap untuk menyerap apapun yang ada disekitarnya. Walaupun Alkitab itu tebal dan sulit untuk dimengerti, Tuhan tidak hanya menciptakannya untuk orang dewasa yang tinggi pendidikannya lho. Ia juga ingin semua orang dari berbagai generasi mengerti firman-Nya.

Waktu terbaik dimana firman Tuhan disampaikan adalah ketika kita memiliki iman “seperti anak kecil”. Anak kecil mampu menyerap dengan baik nilai-nilai Alkitab yang disampaikan lho! Oleh karena itu, tugas kitalah yang melakukan penetrasi firman-Nya ke dalam hati anak-anak. Bukan hanya tugas guru sekolah Minggu, tapi kita juga sebagai orang tua.

Berikut ini opsi ayat-ayat Alkitab yang bagus untuk mulai menghafal dan mengingat Firman Tuhan:

1. Ayat Alkitab yang bisa membangun dasar iman anak.

Kalau kakak ingin anak mengenal dan dekat dengan Tuhan mereka, ajarkan Firman Tuhan yang berisi pribadi Tuhan Yesus sebagai sumber keselamatan mereka di masa mendatang. Inilah dasar untuk mereka mempunyai ‘kacamata’ dalam melihat dunia.

Ayatnya hafalan:

Yohanes 3: 16 dan Roma 3:23

 

2. Ayat Alkitab yang dapat mengingatkan mereka untuk melindungi diri dari dosa.

Menaruh Firman Tuhan dalam hati anak dapat memampukan mereka menghadapi cobaan dan hidup sesuai dengan firman-Nya. Ayat inilah yang bisa menguatkan mereka juga saat jatuh dalam pencobaan, sama seperti Tuhan Yesus di Matius 4.

Ayatnya hafalan:

Mazmur 119: 11 dan Efesus 6: 1

 

3. Ayat Alkitab yang dapat mengingatkan mereka untuk mempersiapkan masa depan.

Ketika kita mengenal Tuhan, kita memberikan hidup seutuhnya ke dalam jalan-Nya. Kita sendiri tidak tahu apa yang akan dihadapi anak kita di masa depan. Tapi kita tahu, Firman Tuhan berkata, kita akan disertai dan dimampukan saat menghadapi masa depannya.

Ayatnya hafalan:

Amsal 3:5 dan Yesaya 43: 5a

 

4. Ayat Alkitab yang dapat membantu anak semakin seperti Tuhan Yesus.

Anak-anak tidak akan mempunyai kasih seperti Tuhan Yesus kalau mereka belum mengenal  Dia dan firman-Nya. Bantu mereka supaya dapat mendengar suara-Nya dengan jelas dan melaksanakannya. Lalu bagaimana caranya?

Ayatnya hafalan:

Matius 22: 37, 39 dan Efesus 4: 32

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK