ARTICLE

Sat - Jul 06, 2024 / 56 / Inspirational

Atasi Fenomena Kecanduan Gadget Dengan Cara Ini

Perkembangan teknologi memang sudah tak terbendung, sehingga gadget saat ini sudah mengambil peran penting dalam kehidupan setiap orang. Banyak orang termasuk anak-anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar gadget mereka, baik untuk bermain game, menonton video, maupun berselancar di media sosial. Hal ini sering kali membuat SuperParents dan para guru khawatir akan dampak negatif yang dapat timbul akibat kecanduan gadget.

Daripada membiarkan anak-anak menghabiskan waktu liburannya untuk berjam-jam di depan layar gadget. Coba deh SuperParents ajak anak-anak melakukan beberapa hal berikut:

1. Mengikuti Kegiatan Kreatif

Ajak anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan kreatif seperti menggambar, melukis, atau membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini tidak hanya membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2. Mengikuti Komunitas atau Kontes Game Online

Dari pada hanya bermain game dengan mengurung diri di kamar. Lebih baik ajak anak SuperParents yang memiliki minat pada game mobile dengan mengikuti komunitas game online maupun pertandingan game online yang tersedia. Agar minat mereka tersalurkan dengan cara yang tepat dan positif.

3. Aktivitas Fisik

Ajak anak-anak untuk melakukan aktivitas fisik seperti bermain di taman, bersepeda, berenang, atau bermain bola. Kegiatan fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengajarkan mereka tentang pentingnya gaya hidup aktif.

4. Mengikuti Kegiatan Rohani

Dorong anak-anak aktif dalam kegiatan rohani seperti komsel, doa bersama, membaca Alkitab, atau mengikuti sekolah minggu. Ini akan membantu mereka membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan dan memahami nilai-nilai spiritual yang penting dalam kehidupan.

5. Quality Time dengan Keluarga

Luangkan waktu untuk kegiatan bersama keluarga seperti mengunjungi tempat wisata, bermain atau menonton film keluarga. Momen-momen ini tidak hanya mempererat ikatan keluarga tetapi juga menciptakan kenangan indah yang akan selalu diingat oleh anak-anak. Ingatlah, waktu yang kita investasikan dalam kegiatan bersama anak-anak adalah investasi berharga untuk masa depan mereka.

Fenomena kecanduan gadget di kalangan anak-anak adalah masalah yang semakin mengkhawatirkan di era digital ini. Sebagai orang tua, penting bagi SuperParents  untuk lebih aware dan proaktif dalam menghadapi tantangan ini. Dengan mengarahkan anak-anak ke kegiatan yang lebih positif dan produktif, kita tidak hanya membantu mereka menghindari dampak negatif dari kecanduan gadget, tetapi juga memberikan mereka kesempatan untuk berkembang secara holistik.

Melalui dukungan, perhatian, dan keterlibatan aktif, SuperParents dapat membimbing mereka untuk menemukan keseimbangan yang sehat antara teknologi dan kehidupan nyata. Ingatlah, peran kita sangat penting dalam membentuk masa depan anak-anak yang lebih baik dan berakhlak mulia.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK