ARTICLE

Fri - Sep 01, 2023 / 601 / Inspirational

Apakah Orang Kristen Harus Melalui Penderitaan?

Dalam suatu pertemuan, seorang murid bertanya kepada Yesus, 'Apakah Elia akan datang dahulu dan memulihkan segala sesuatu?' Dalam jawabannya yang mendalam, Yesus menjawab, 'Memang Elia akan datang dahulu dan memulihkan segala sesuatu. Hanya, bagaimanakah dengan yang ada tertulis mengenai Anak Manusia, bahwa Ia akan banyak menderita dan akan dihinakan' (Markus 9:12)

Pernyataan ini menggambarkan perjalanan yang tak terhindarkan dari penderitaan yang harus Yesus tempuh untuk memenuhi peran-Nya dalam keselamatan kita. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah: Apakah penderitaan juga menjadi bagian dari perjalanan orang Kristen?

 

Baca Juga: Ini 7 Pandangan Negatif Dunia Soal Orang Kristen, Sayangnya Gak Semuanya Benar!

 

Jawabannya, mungkin sedikit mengejutkan, adalah YA! Penderitaan adalah salah satu aspek hidup yang tak dapat dihindari. Terkadang, ada pandangan bahwa penderitaan adalah akibat dari dosa atau kurangnya iman. Namun, dalam banyak kasus, penderitaan adalah bagian dari rencana Allah bagi orang percaya. Bahkan Yesus sendiri tidak pernah menjanjikan bahwa pengikut-Nya akan terhindar dari penderitaan. (Lukas 21:17-19).

Kita perlu menyadari bahwa penderitaan, meskipun sulit, dapat membawa sejumlah keuntungan dalam hidup kita:

1. Penderitaan adalah Kesempatan untuk Melatih Ketaatan Kita kepada Tuhan.

Dalam momen-momen kesulitan, kita memiliki peluang untuk menunjukkan ketaatan kita kepada Allah.

2. Penderitaan Membangun Karakter dan Kesabaran Kita

Seperti yang dikatakan dalam Yakobus 1:2-4, penderitaan dapat membentuk karakter kita dan mengasah kesabaran kita. Ini adalah proses pembentukan yang mungkin tidak akan terjadi tanpa penderitaan.

3. Penderitaan Membuat Kita Peka Terhadap Orang Lain yang Juga Menderita

Penderitaan bisa membuat kita lebih empati dan peka terhadap orang lain yang juga mengalami penderitaan. Hal ini dapat memotivasi kita untuk memberikan dukungan dan kasih kepada sesama.

Kita harus memahami bahwa rencana Allah adalah untuk menjadikan kita dewasa dan utuh sebagai individu, bukan untuk membebaskan kita dari pengalaman rasa sakit yang seringkali datang bersamaan dengan penderitaan. Ketika kita menghadapi penderitaan, penting untuk mengubah pandangan kita dan melihatnya sebagai kesempatan untuk tumbuh sebagai orang Kristen yang lebih kuat dan efektif.

 

Baca Juga: BAHAN SEKOLAH MINGGU : MELATIH ANAK MENJAGA IMAN KEPADA TUHAN

 

Selain itu, kita memiliki dua janji luar biasa yang dapat memberikan kita kekuatan saat menghadapi penderitaan:

1. Allah Akan Selalu Bersama Kita

Seperti yang dijanjikan oleh Yesus dalam Matius 28:20, Allah akan selalu bersama kita, tidak peduli seberapa sulit situasinya.

2. Allah Akan Menyelamatkan Kita dan Memberikan Hidup yang Kekal

Wahyu 21:1-4 memberikan harapan bahwa Allah akan menyelamatkan kita dari segala penderitaan dan memberikan kita hidup yang kekal yang bebas dari semua penderitaan dan penderitaan yang ada.

Jadi, saat menghadapi penderitaan dalam hidup, ingatlah bahwa ini adalah bagian dari perjalanan Anda dan gunakan kesempatan ini untuk tumbuh lebih dekat dengan Tuhan dan menjadi lebih kuat dalam iman Anda. Allah selalu bersama Anda, siap untuk menyelamatkan dan memberikan hidup yang kekal kepada Anda.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK