ARTICLE

Mon - Oct 16, 2023 / 490 / Inspirational

Apa Sih Makna Yohanes 3: 16? Yuk Jelaskan Ini ke Anak-anak Kita

Yohanes 3: 16 adalah salah satu ayat yang paling populer di dalam Alkitab. Ayat ini bahkan menjadi ayat yang mungkin pertama kali dipelajari anak-anak di Sekolah Minggu dan orang-orang yang baru lahir baru. Gak heran sih karena ayat ini memang jadi inti dari iman kita kepada Tuhan Yesus.

Di sana dituliskan, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

 

Baca Juga: 3 CERITA ALKITAB YANG WAJIB ORANG TUA CERITAKAN KEPADA ANAK!

 

Dari ayat ini, ada beberapa makna yang patut kita jelaskan kepada anak, diantaranya:


1. Mengungkapkan Karya Penebusan Tuhan Yesus

Ajarkan bahwa Tuhan terlebih mengasihi dunia ini, sehingga mengorbanankan anak-Nya (Tuhan Yesus) untuk membayar dosa-dosa manusia.

Kejatuhan Adam dan Hawa ke dalam dosa adalah awal dari inisiatif Tuhan untuk melakukan penebusan kepada umat manusia. Karena itu, sampaikan ke anak bahwa Tuhan sendiri mengutus Putra terkasih-Nya sebagai korban yang tak bercela. Lewat kematian dan kebangkitan-Nya semua umat manusia diselamatkan, ditebus dan dibebaskan dari dosa dan kematian.

 

2. Menjelaskan Siapa Tuhan Yesus

Yohanes 3: 16 menegaskan siapa itu Tuhan Yesus. Dia datang ke dunia untuk menjadi korban atas dosa manusia. Di Yohanes 3 ini diungkapkan bahwa Tuhan Yesus adalah sang mesias yang diutus Tuhan untuk menyelamatkan dunia dari dosa.

 

Baca Juga: 6 JENIS BAGIAN KITAB MAZMUR YANG PERLU KITA PAHAMI

 

3. Tuhan Yesus Adalah Jaminan Kehidupan Kekal

Yohanes 3: 16 juga jadi janji yang kuat dan istimewa bagi semua orang percaya. Apapun kesulitan dalam hidup kita, kita belajar untuk memegang teguh janji Tuhan yaitu kehidupan kekal.

Mengajarkan ayat ini kepada anak-anak jadi langkah pertama untuk mendekatkan mereka kepada hati Tuhan. Jadi mari mengajak anak-anak menghafalkan ayat ini dan ingatkan bahwa Tuhan Yesus adalah Juruslamat atas hidup mereka.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK