ARTICLE

Wed - Nov 01, 2023 / 106 / Parenting

Anak Manja? Yuk, Latih Kemandiriannya dengan Cara Ini!

SuperParents pasti ingin anak bisa mandiri? Namun kendalanya sifat manja yang membuat superparents bingung cara melatih kemandirian pada anak yang manja itu bagaimana? Tenang, berikut 4 cara melatih kemandirian.

 

Baca juga : MAU ANAK MANDIRI? INILAH DAFTAR PEKERJAAN YANG BISA SUPERPARENT BERIKAN

 

Kemandirian sendiri adalah skill dasar yang memang harus dilatih agar anak bisa melakukan segala sesuatu sendiri saat dewasanya tanpa bergantung dengan orang lain seperti yang tercantum dalam firman Tuhan di Amsal 22:6: 'Didiklah anakmu di jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang darinya.' Anak yang mandiri juga akan menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah. Superparents harus mengerti anak bisa manja karena berbagai faktor seperti dari pola asuh, lingkungan tempat anak bertumbuh, dan juga kondisi psikologis nya. Berikut tips yang dapat superparents terapkan untuk melatih kemandirian si kecil :

  1. Beri kepercayaan anak untuk bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Berikan tanggung jawab untuk anak seperti membereskan mainan nya sendiri, membereskan kamar, dan membantu orangtua melakukan pekerjaan rumah. Ketika anak berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan jangan lupa untuk memberi pujian agar anak dapat lebih termotivasi menjadi mandiri.

  2. Tidak menuruti semua kemauan anak. Anak memang selalu memiliki banyak keinginan dan selalu menuntut untuk dipenuhi, jika tidak maka anak akan menggunakan jurus andalannya agar keinginannya dituruti, yaitu tantrum. Superparents disini juga belajar untuk “Tidak” pada setiap kemauan anak, biarkan anak mengalami rasa kecewa dan belajar mengatasi emosi dan melatih kesabarannya.

  3. Menjadi contoh untuk anak bisa mandiri. Anak adalah peniru yang handal, superparents adalah role model utama bagi anak yang akan ditirunya. Jadilah role model yang baik untuk anak seperti kemandirian yang superparent tunjukkan setiap harinya, maka anak akan bisa mandiri dengan mencontoh.

  4. Ajarkan anak untuk dekat dengan Tuhan. Dengan anak dekat Tuhan, rajin berdoa, dan baca firman dengan konsisten. Anak akan belajar tentang kasih, pengampunan, dan tanggung jawab. Hal ini akan menjadi bekal untuk anak menjadi pribadi yang kuat, tangguh, dan mandiri.

Yohana

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK