ARTICLE

Wed - Aug 08, 2018 / 1399 / Inspirational

Aksi Tanggap Bencana Gempa Bumi di Lombok. Ini Yang Mereka Butuhkan!

Beberapa hari ini perhatian Indonesia tertuju ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Minggu (5/8) pukul 19.46 WITA, gempa bumi utama berkekuatan 7,0 SR menyebabkan kerusakan yang cukup parah setelah beberapa hari sebelumnya sering terjadi rangkaian gempa bumi dengan skala lebih kecil. Gempa bumi ini bisa dirasakan sampai ke pulau-pulau lain yang dekat dengan Lombok.

Salah satu rumah penduduk yang rusak akibat gempa

Data sementara BNPB pada hari Senin (6/8) tercatat 98 korban jiwa meninggal dunia. Daerah yang paling banyak memakan korban jiwa adalah Lombok Utara dengan jumlah korban 72 jiwa. 236 orang mengalami luka–luka, ribuan rumah rusak dan ribuan jiwa mengungsi.

Fasilitas umum yang rusak akibat gempa

Menanggapi bencana alam ini, tim melihat secara langsung dampak kerusakan yang terjadi. Tim tiba di hari ke-3 pasca gempa bumi utama. Meski demikian, gempa dengan skala lebih kecil masih sering terjadi ketika tim sudah tiba di sana.

Pantauan tim, kerusakan di sejumlah bangunan masih terlihat jelas. Bangunan rumah yang retak dan gempa susulan membuat warga memilih untuk bermukim di tenda–tenda dekat rumah mereka.

Tenda darurat yang didirikan warga di dekat rumah

Tim kemudian berkoordinasi dengan beberapa gereja lokal dan berhasil menyalurkan berbagai macam bantuan baik berupa peralatan tidur maupun obat-obatan. Tim Superbook juga akan mengadakan pelayanan bagi anak-anak korban bencana guna menghibur mereka.

Tim bertemu para hamba Tuhan untuk berkoordinasi menyalurkan bantuan

Ayo bergabung bersama kami memberi bantuan kepada mereka

Melihat kondisi yang dibutuhkan di lapangan, kami memutuskan memberi fasilitas medis bagi para korban. Untuk itu kami membutuhkan tenaga medis (dokter, perawat, apoteker) yang bersedia menjadi relawan di Lombok minimal 4 hari 3 malam.

Tim siap menyalurkan bantuan berupa kasur lipat

Bantuan lain yang dibutuhkan berupa terpal plastik, selimut, susu anak dan bayi, makanan khusus untuk anak dan obat-obatan.

Bantuan dana bisa disalurkan melalui rekening Obor Berkat Indonesia BCA cabang Lippo Cikarang dengan nomor rekening 522 030 9292. Jangan lupa mencantumkan berita acara atau pesan 'Gempa Lombok'.

Untuk memperoleh informasi dan penyaluran bantuan lainnya, Anda bisa menghubungi pak Tri Budiarjo 081808247966 atau ibu Marjorie Febe 08129263767.

Bersama kami, ayo berkati saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam melalui doa dan kesediaan Anda menjadi tim relawan. Tuhan memberkati (VM/CG)

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK