ARTICLE

Thu - Oct 26, 2023 / 536 / Parenting

AJARKAN ANAK MEMBACA ALKITAB JADI LEBIH MENYENANGKAN DENGAN 5 HAL INI

Bagian penting dari membangun hubungan dengan Tuhan adalah dengan membaca firman-Nya yang tertulis di Alkitab. Namun sejujurnya, kegiatan tersebut bukanlah hal yang mudah disukai oleh anak-anak, bahkan sebagian orang orang dewasa. Kata-kata “membosankan” dan “Saya tidak mengerti apa yang dituliskan” mungkin terdengar sangat familiar.

 

BACA JUGA: 3 CERITA ALKITAB TENTANG PERSAHABATAN SEJATI

 

Lalu apa yang dapat SuperParents lakukan untuk membantu anak-anak agar tidak hanya membaca Alkitab, tapi juga memahami apa yang mereka baca, menikmatinya, dan yang paling penting, menerapkannya? Berikut beberapa ide yang semoga dapat membantu SuperParents untuk memulainya:

1. Berhati-hatilah dalam memperkenalkan Alkitab pada anak-anak

SuperParents perlu berhati-hati dalam mengenalkan Alkitab pada anak-anak di rumah. Pertimbangkan apakah wajib dilakukan setiap hari atau memberikan pilihan kepada anak kapan harus melakukannya. Sesuaikan dengan kepribadian anak SuperParents. Jangan membuatnya menjadi kegiatan yang kaku kaku, beberapa anak mungkin akan butuh pengingat, tapi SuperParents harus hindari pemaksaan. Peka dan kreatif dalam pendekatan, sesuai karakter masing-masing anak.

2. Pilihlah jenis Alkitab yang sesuai

Pilih Alkitab yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak SuperParents. Alkitab bergambar mungkin akan cocok untuk pengenalan awal, tetapi tidak cukup mendalam. Ada Alkitab untuk anak-anak, remaja, bahkan versi jurnal. Sesuaikan dengan anak SuperParents.

3. Alkitab dalam bentuk audio

Jangan mengabaikan Alkitab audio. Beberapa anak memang bukan seorang pembaca, namun mereka akan dengan senang hati menyerap dan menerapkan apa yang mereka dengar. Anak-anak dengan ketidakmampuan membaca bisa menjadi sangat frustrasi dalam mencoba memahami bagian-bagian Alkitab yang terkadang sulit, namun dengan mendengarkan dapat sangat membantu mereka dalam menyerap Firman.

 

BACA JUGA: 10 AYAT ALKITAB YANG BISA AJARKAN ANAK SOAL SIKAP HORMAT

 

4. Aplikasi Alkitab

Manfaatkan aplikasi Alkitab di tablet dan ponsel. Ada beragam pilihan, mulai dari Alkitab interaktif hingga yang memungkinkan remaja berbagi devotional harian dan berdiskusi. Aplikasi ini mendukung pembelajaran Kitab Suci secara menarik.

5. Sumber daya luar

Cari sumber tambahan dari luar yang membuat Alkitab lebih relevan. Film dokumenter arkeologi, dan budaya sejarah. Keterlibatan indra anak dengan seni bisa memperkaya pemahaman Alkitab mereka. Dukung minat mereka, terlibat dengan empati, dan biarkan mereka menemukan pentingnya Kitab Suci itu sendiri.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK