ARTICLE

Tue - Oct 24, 2023 / 353 / Sunday School

AJARKAN 5 HAL INI DI SEKOLAH MINGGU AGAR ANAK TIDAK TAKUT HANTU

Anak-anak seringkali memiliki ketakutan terhadap hantu dan makhluk gaib. Hal ini bisa mengganggu perkembangan mereka, terutama dalam kehidupan rohani. Sekolah Minggu adalah tempat yang ideal untuk membantu anak-anak mengatasi ketakutan ini dengan landasan ajaran Alkitab. Apalagi sebentar lagi akan ada perayaan Halloween, mungkin anak-anak tidak sengaja menemukan ornamen-ornamen Halloween yang menakutkan. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan oleh SuperTeacher untuk meredam ketakutan anak-anak terhadap hal tersebut:

1. Ajarkan Kebenaran Alkitab

Gunakan ayat Alkitab untuk mengajar anak-anak bahwa Allah adalah Pelindung yang kuat dan bahwa mereka tidak perlu takut. Contohnya adalah ayat Mazmur 23:4, 'Walaupun aku berjalan dalam lembah kegelapan, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku.'

2. Ceritakan Kisah-kisah Alkitab

Ceritakan kisah-kisah dalam Alkitab di mana Allah melindungi orang-orang-Nya dari bahaya. Misalnya, kisah Daniel di dalam gua singa atau kisah Yesus yang menenangkan angin dan ombak.

3. Doa Bersama

Ajarkan anak-anak untuk berdoa bersama sebelum tidur, meminta perlindungan dan keberanian dari Allah. Ini akan memberikan mereka rasa aman.

4. Pertimbangkan Efek Visual

Gunakan gambar-gambar atau ilustrasi yang bersahabat untuk menjelaskan konsep perlindungan Allah. Buku bergambar yang berfokus pada ayat-ayat Alkitab dapat membantu.

5. Jelaskan Kebenaran Tentang Hantu

Jelaskan pada anak-anak bahwa hantu dan makhluk gaib tidak dapat menyakiti mereka karena Allah lebih kuat daripada semua hal tersebut.

 

 BACA JUGA: APAKAH HANTU ITU ADA? APA KATA ALKITAB, CARI TAHU DISINI

 

Selain itu, SuperTeacher juga dapat mengajarkan anak-anak untuk menghindari tontonan yang menakutkan dan membantu mereka memahami perbedaan antara realitas dan imajinasi.

Ingatlah untuk selalu memberikan dukungan, cinta, dan pengertian saat mereka menghadapi ketakutan mereka. Melalui pendekatan ini, SuperTeacher dapat memberikan mereka rasa aman dan keyakinan bahwa Allah selalu menyertai mereka dalam setiap tahap kehidupan.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK