ARTICLE

Wed - Dec 20, 2023 / 893 / Sunday School

8 TOKOH ALKITAB INI MEMBERI TELADAN UNTUK HORMAT PADA ORANG TUA

Menghormati orang tua atau orang yang lebih tua adalah sebuah bentuk berbakti yang semestinya dimiliki setiap kita manusia. Berikut ini tokoh Alkitab yang bisa kita teladani karena sikap mereka yang menghormati orang tua :

Yesus, Anak yang Patuh

Salah satu contoh utama dalam Alkitab adalah Yesus sendiri. Meskipun Ia adalah Anak Allah yang sempurna, Yesus hidup sebagai contoh ketaatan kepada Bapa-Nya dan ibu-Nya, Maria. Ia menunjukkan betapa pentingnya mendengarkan dan patuh kepada orang tua sebagai bagian dari rencana Allah.

Rut, Kesetiaan kepada Mertua

Dalam kisah Rut, kita melihat seorang menantu yang luar biasa, dengan menghormati dan setia kepada mertuanya, Naomi. Rut tidak hanya mengikuti Naomi, tetapi juga memberikan dukungan dan perhatian yang besar kepada mertuanya itu. Hal ini memberikan contoh tentang keindahan hubungan antara seorang menantu dan mertua.

Timotius, Anak yang Taat

Kisah Timotius menunjukkan sebuah contoh yang luar biasa tentang seorang anak yang taat kepada orang tuanya. Meskipun Ia hidup dalam lingkungan yang sulit, Timotius tetap setia dan taat kepada ajaran yang diajarkan oleh ibunya, Eunike, dan neneknya, Lois.

Daud, raja yang diurapi oleh Tuhan

Memberikan kita banyak hikmah tentang menghormati orang tua melalui perjalanan hidupnya yang penuh warna. Meskipun memiliki pengalaman hidup yang kompleks, Daud memberikan inspirasi bagi kita untuk memahami arti sejati dari penghormatan terhadap orang tua.

Samuel, Anak yang Mendengarkan Suara Tuhan

Kisah Samuel menunjukkan betapa pentingnya seorang anak untuk mendengarkan suara Tuhan dan juga mendengarkan nasihat orang tua. Meskipun ditinggalkan oleh orang tuanya di Bait Allah, Samuel tetap tunduk dan menghormati kehendak Tuhan serta menghargai peran Eli sebagai figur pembimbing spiritualnya.

Salomo, Bijaksana Menghargai Ibunya

Salomo, raja yang bijaksana, memberikan contoh tentang bagaimana seorang anak dapat menghargai dan menghormati ibunya. Dalam kitab Amsal, Salomo merenungkan ajaran ibunya, Batsyeba, dan mengambil hikmah besar dari nasihat yang diberikannya.

Yusuf, Anak yang Sabar

Kisah Yusuf menunjukkan kesabaran dan penghormatan terhadap ayahnya, Yakub. Meskipun mengalami cobaan dan kesulitan, Yusuf tetap memelihara kehormatan terhadap ayahnya dan memahami peran keluarga dalam rencana Allah.

Ishak, Taat pada Rencana Tuhan

Ketika akan dikorbankan oleh ayahnya, Ishak taat dan patuh kepada kehendak Allah. Ini mengajarkan kita bahwa ketaatan kepada Tuhan adalah fondasi utama dari penghormatan terhadap orang tua.

Efesus 6:1-3 Hai anak-anak, taatilah 1 orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Melalui kisah-kisah tokoh Alkitab ini, kita dapat mengajarkan anak-anak untuk menghormati orang tua sebagai bentuk ketaatan kepada ajaran Tuhan. Menggali nilai-nilai ini bersama-sama dengan anak-anak dapat menjadi fondasi kuat dalam membentuk karakter dan moral mereka. Mari bersama-sama membimbing anak-anak kita untuk tumbuh menjadi generasi yang menghargai, menghormati, dan mencintai orang tua.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK