ARTICLE

Wed - Oct 25, 2023 / 633 / Sunday School

8 TIPS JADI GURU SEKOLAH MINGGU YANG TERAMPIL “STORY TELLING”

Sebagai seorang guru sekolah Minggu, kemampuan untuk bercerita merupakah salah satu keterampilan yang perlu kakak-kakak kuasai. Mengapa? Karena membuat anak-anak tertarik untuk mendengarkan bukanlah sebuah hal yang mudah. Bisa dibilang, kakak-kakak harus berubah menjadi seorang pendongeng. Meskipun tidak mudah, namun keterampilan ini dapat dipelajari loh!

Berikut ini adalah tips yang dapat kakak-kakak pelajari untuk bercerita kepada anak-anak:

1. Bercerita, bukan membaca

Ingatlah bahwa kakak-kakak tidak sedang membaca cerita, tetapi kakak sedang menciptakan pengalaman untuk anak-anak melalui cerita. Singkirkan kesadaran diri kakak-kakak dan masuklah sepenuhnya ke dalam cerita.

2. Memahami cerita dengan baik

Pastikan kakak-kakak mengetahui cerita dengan baik, sehingga kakak dapat menceritrakannya tanpa mengacu pada catatan. Serta, kakak harus mengetahui mengapa cerita yang akan disampaikan penting untuk didengar oleh anak-anak.

3. Ajak anak-anak masuk ke dalam cerita

Libatkan anak-anak dengan pertanyaan untuk membentuk sebuah interaksi seperti, 'Apakah kalian pernah merasa takut? Hari ini kakak akan menceritakan kepada adik-adik kisah tentang seorang gadis kecil yang belajar apa yang harus dilakukan saat sedang ketakutan.' Dengan demikian, proses bercerita tidak akan membosankan karena terjadi secara dua arah.

4. Pergunakan semua panca indra

Kakak-kakak bisa menggunakan kostum atau properti sederhana untuk menciptakan suasana yang mendukung cerita. Gunakan alat peraga yang dapat dicium, disentuh, atau bahkan dicicipi oleh anak-anak.

5. Ekspresikan diri kakak secara fisik

Lakukan kontak mata dengan anak-anak dan gunakan seluruh tubuh kakak-kakak untuk bercerita. Biarkan ekspresi wajah, gerakan tangan, dan suara Anda menimbulkan berbagai emosi seperti kegembiraan, ketakutan, dan lain-lain.

6. Gunakan dialog dan suara berkarakter

Gunakan dialog saat kakak-kakak menceritakan kisah dan, sesekali berikan suara yang berbeda untuk karakter-karakter dalam cerita. Ini akan membuat cerita kakak lebih hidup.

7. Libatkan anak-anak dalam cerita

Ajak anak-anak untuk berpartisipasi dengan meminta mereka melakukan gerakan tangan atau mengucapkan sepatah kata saat kakak-kakak memberikan isyarat verbal atau visual. Minta mereka membayangkan perasaan mereka terhadap elemen cerita seperti angin atau hujan.

8. Berlatihlah

Latih keterampilan bercerita kakak-kakak di depan cermin atau di depan orang lain sebelum bercerita kepada anak-anak. Ini dapat membantu kakak menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan cerita.

Ingatlah bahwa bercerita adalah kesempatan untuk berbagi pengalaman dan emosi dengan anak-anak. Nikmati saat-saat ini bersama mereka dan ciptakan pengalaman yang berkesan. Semoga poin-poin ini membantu kakak-kakak menjadi seorang pencerita yang lebih baik saat mengajar sekolah Minggu dan bisa memberikan pengalaman yang luar biasa kepada anak-anak. Selamat bercerita!

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK