ARTICLE

Tue - Jan 12, 2021 / 491 / Parenting

7 Tips untuk Mengajarkan Injil Kepada Anak-anak

Siapa yang baru mengenal Tuhan Yesus saat dewasa? Bukankah sebagian besar dari kita justru sudah mengenal Tuhan sejak masih anak-anak.  Masa inilah yang seharusnya menjadi kesempatan emas bagi para orang tua, gereja, dan guru sekolah minggu untuk memberitakan Injil kepada anak-anak.

Di masa anak-anak, mereka bisa dengan mudah menerima pengajaran. Jika sudah terbentuk pondasi iman yang kuat, maka sampai dewasa, anak tersebut bisa tetap mempertahankan iman percayanya bahkan meneruskan pada generasi selanjutnya. Oleh karenanya, penting nih bagi kita untuk tahu bagaimana ya caranya mengajarkan Injil sedari dini kepada anak-anak.

Baca juga : JANGAN LARANG ANAK MENDEBAT, MELAINKAN ATASI DENGAN CARA INI

  1. Mintalah petunjuk Tuhan

Berdoalah meminta hikmat kebijaksanaan dari Tuhan agar bisa menggunakan metode yang tepat. Hal yang paling baik adalah memberitakan Injil secara langsung kepada anak. Mulai dari orang tua di rumah, guru sekolah minggu di gereja, dan lingkungan sekitar yang mendukungnya.

 

  1. Bersekolah minggu

Walaupun masih ada sekolah minggu yang belum melakukan tatap muka, setidaknya setiap hari Minggu anak tetap harus bersekolah minggu atau belajar firman Tuhan. Bisa secara online juga kok. Karena biasanya anak-anak yang rajin bersekolah minggu banyak yang dimenangkan.

 

  1. Membaca Alkitab bersama

Untuk anak prasekolah, Superparents bisa membantu anak belajar firman Tuhan melalui Alkitab bergambar. Superparents bisa membacakan dengan intonasi menarik dan sesuai tentang cerita Alkitab. Kalau anak sudah sekolah, Superparents bisa membaca Alkitab bersama dan membahasnya. Selain akan tercipta kedekatan dengan anak, iman mereka juga berkembang.

 

  1. Menonton kisah Alkitab bersama

Belajar secara audio visual tidak hanya menarik untuk anak, tetapi juga membuat mereka menjadi mudah memahami apa yang terjadi dan nilai-nilai yang dibawakan tentang kisah di Alkitab. Setelah menonton, kita bisa mengajak mereka untuk mendiskusikan tentang apa yang mereka pelajari saat itu.

 Baca juga : 9 TIPE KECERDASAN YANG ANAK-ANAK MILIKI, ANAK SUPERPARENTS YANG MANA?

  1. Menjadi teladan

Mau bagaimanapun kalau kita sebagai orang tua atau guru sekolah minggunya tidak hidup sesuai firman, maka anak-anak akan sulit menerima dan mengaplikasikan firman dalam kehidupan mereka. Kita harus menjadi teladan anak baik dalam perkataan, perbuatan, pemikiran, dll. Barulah mereka bisa melihat contoh nyata sesorang yang hidup dalam kasih Tuhan.

 

  1. Mendoakan anak

Setelah mengajarkan anak-anak, jangan lupa untuk mendoakan perkembangan iman serta pergumulan anak. Berdoalah juga agar anak-anak tetap setia di jalan Tuhan.

 

  1. Melayani anak secara holistik

Kita mengasuh, mendidik dan membesarkan anak dengan penuh cinta kasih serta memenuhi kebutuhan anak-anak secara holistik dan utuh.  Dengan demikian mereka dapat melihat hidup kita sebagai orang tua (dewasa) Kristen yang mencerminkan cinta kasih dari Tuhan Yesus Kristus.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK