ARTICLE

Thu - May 03, 2018 / 694 /

6 Poin Penting Menjadi Orang Tua yang Baik Lewat Mencintai dan Mengasihi Anak (Part 1)

Menjadi orang tua dambaan anak pastinya impian banyak orang. Anak menjadi nurut, tidak banyak menuntut atau manja berlebihan, perhatian, sayang, membanggakan orang tua, dan masih banyak lagi. Tapi sebelum kita menginginkan hal tersebut dilakukan oleh anak kita, yuk kita mulai untuk mengasihi mereka.

Ada 6 poin bagi kita, orang tua untuk belajar mengasihi dan memberikan kasih sayang kepada anak. Kok mengasihi saja pakai belaja? Ya karena secara tidak sadar, kadang mungkin kita kurang bisa mengungkapkan hal itu kepada anak. Seperti canggung rasanya. Padahal sebenarya caranya tidak sulit, hanya seperti berikut:

 

1. Berikan anak cinta dan kasih sayang.

Sumber: Medium

Hal terbaik yang bisa diberikan oleh orang tua adalah cinta dan kasih sayang. Sentuhan hangat atau pelukan kasih sayang bisa membuat anak tahu betapa SuperParents begitu menyayangi mereka. Inilah cara bagaimana kita menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada anak:

- Sebuah pelukan yang lembut, dorongan semangat, penghargaan, persetujuan atau hanya senyuman akan membantu membentuk kepercayaan diri anak.

- Beritahukan mereka setiap hari bahwa Anda menyayanginya, tidak peduli semarah apa Anda pada mereka.

- erikan banyak pelukan dan ciuman (cium pipi atau dahi). Buatlah anak nyaman karena cinta dan kasih sayang yang Anda berikan sejak dari kelahirannya.

- Cintai mereka tanpa syarat. Jangan paksa mereka untuk menjadi apa yang Anda impikan. Biarkan mereka tahu kalau Anda mengasihi mereka apapun yang terjadi.

 

2. Pujilah anak Anda.

Sumber: LifeCare

Memberikan pujian pada anak itu penting dan merupakan bagian untuk menjadi orang tua yang baik. Anda pastinya ingin anak merasa bangga akan pencapaian mereka dan mengetahui kemampuan mereka. Jika Anda tidak memberikan kepercayaan diri yang mereka butuhkan saat menghadapi dunia luar, mereka merasa tidak berdaya untuk mandiri dan berpetualang. Ketika mereka melakukan sesuatu yang baik, biarkan mereka tahu kalau Anda menyadari dan sangat bangga dengan mereka.

- Lakukan kebiasaan untuk memuji anak setidaknya 3 kali lebih banyak dibandingkan feedback yang negatif. Penting bagi Anda untuk jujur kepada anak tentang kesalahan mereka, dan bantu mereka untuk membangun  kesadaran diri yang positif.

- Jika anak terlalu muda untuk mengerti sepenuhnya, puji mereka dengan bertepuk tangan. Berikan mereka semangat untuk melakukan segala sesuatu mulai dari bisa pipis di toilet, mendapatkan nilai baik, dan pimpin mereka untuk mendapatkan kehidupan yang bahagia serta sukses.

- Hindari kata “hebat” atau “anak pintar”. Alih-alih memberikan pujian secara deskriptif memungkin kan mereka tahu persis apa yang sedang kita hargai. Contohnya, “Nah gitu donk, mau berbagi dengan kakak itu sikap yang baik.” Atau, “Terima kasih saying karena sudah mau membereskan mainanmu.”

 

3. Hindari membanding-bandingkan anak Anda.

Sumber: CG Slate

Setiap anak punya perbedaan dan keunikan masing-masing. Syukurilah perbedaan ini dan dorong mereka untuk mengejar minat dan mimpi mereka. Kegagalan bisa saja membuat mereka merasa rendah diri karena tidak mampu menyenangkan Anda. Jika Anda mau membantu mereka untuk mengembangkan perilaku, bicarakan tujuan mereka daripada membandingkan mereka dengan orang-orang disekitarnya.

- Membandingkan bisa menimbulkan rivalitas antar anak. Anda ingin memelihara hubungan kasih sayang dengan anak-anak bukan membuat mereka berkompetisi.

- Hindari mempunyai anak kesayangan. Jadilah orang tua yang netral dan berikan kasih sayang secara berimbang. Dengan menempatkan anak yang lebih tua untuk merawat yang lebih muda, justru bisa mendorong timbulnya persaingan saudara. Buatlah mereka bertanggung jawab atas dirinya sendiri, supaya mereka bisa belajar untuk mandiri. (CC)

Berikutnya ....

Sumber: wikihow.com

Baca juga:

ANAK GEMAR MENONTON? SEBAIKNYA SUPERPARENTS PIKIRKAN 6 HAL INI SEBELUM MENONTON

3 KISAH ALKITAB YANG JARANG DICERITAKAN ORANG TUA KEPADA ANAK PADAHAL HARUS!

10 TIPS MEMULAI RENUNGAN KELUARGA YANG PERTAMA BERSAMA ANAK-ANAK SUPER PARENTS

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK