ARTICLE

Tue - Nov 28, 2023 / 648 / Parenting

6 MANFAAT MERAYAKAN ULANG TAHUN

Beberapa waktu lalu ulang tahun anak ke dua dari pasangan artis tanah air dirayakan secara besar-besaran. Nah SuperParents, seperti apa sih momen ulang tahun di keluarga SuperParents biasanya? Apakah biasa saja karena sama seperti hari-hari lainnya sehingga gak ada yang spesial? Atau kalau ada anggota keluarga yang berulang tahun khususnya anak harus ada perayaan tiup lilin dan aktivitas ulang tahun lainnya?

Ulang tahun adalah sebuah momen istimewa yang menandakan seseorang bertambah usia. Hari istimewa ini umum dirayakan, namun ada juga orang yang menganggapnya sebagai hal biasa yang gak perlu dirayakan. Nah sekarang gimana kalau kita bahas apa aja manfaat merayakan ulang tahun!

Manfaat Bagi Anak

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Buat anak, ulang tahun adalah saat-saat di mana mereka merasa istimewa dan dihargai. Moment ini bisa banget nge-boost kepercayaan diri mereka lho, SuperParents!

2. Mengajarkan Nilai-nilai Kristen

Ulang tahun bukan cuma soal kue dan kado, tapi juga kesempatan emas untuk ngajarin si kecil nilai-nilai Kristen. Memberikan pemahaman lebih mendalam tentang kasih sayang Tuhan terhadap anak-anakNya.

Manfaat Bagi Orang Tua

1. Menciptakan Kenangan Bersama yang Tak Terlupakan

Nah, untuk kita sebagai orang tua, merayakan ulang tahun anak itu juga bikin kenangan abadi. Momen bersama itu bisa jadi bekal yang luar biasa di hari-hari mendatang.

2. Menunjukkan Perhatian dan Kasih Sayang

Dalam kesibukan sehari-hari, seringkali kita lupa mengekspresikan betapa sayangnya kita sama si kecil. Ulang tahun adalah waktunya tunjukin perhatian dan cinta kita, nih, SuperParents. Merayakan ulang tahun menjadi wujud nyata bahwa mereka adalah prioritas dalam hidup kita.

Manfaat Bagi Keluarga

1. Membangun Suasana Positif

Merayakan ulang tahun nggak cuma bikin anak senang, tapi juga bikin suasana di rumah jadi lebih positif. Aura kebahagiaan dan kebersamaan pasti bakal dirasain oleh seluruh anggota keluarga.

2. Menguatkan Hubungan Keluarga

Momen perayaan ini bisa jadi penyatuan bagi seluruh keluarga. Kegembiraan yang kita rasakan bersama bakal ngebuat hubungan kita dengan si kecil dan antar anggota keluarga makin kuat.

Bagaimana Merayakan Ulang Tahun dengan Bermakna

Gak perlu dengan pesta yang meriah dan besar-besaran, perayaan ulang tahun bisa dilakukan dengan sederhana asalkan tetap bermakna. Begini caranya:

1. Doa Bersama

Melakukan doa bersama sebagai keluarga. Dengan menaikan ucapan syukur atas berkat dan anugerah Tuhan atas kehidupan anak dan memohon pertolongan dan penyertaan Tuhan akan hari depan anak kita sudah sangat bermakna sebagai perayaan ulang tahun yang sejati.

2. Pertimbangkan Kegiatan yang Ada Nilainya

Pilih aktivitas perayaan yang nggak cuma seru tapi juga ngajarin nilai-nilai positif. Bisa main game dengan pesan moral atau tonton film yang punya pesan kehidupan Kristen, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Akan mengajarkan anak bahwa kita harus terus bersyukur atas apa yang Tuhan berikan.

3. Memperkatakan Firman Tuhan

Ambil kesempatan untuk memperkatakan doamu sebagai orang tua dengan mengutip ayat Alkitab yang bisa menjadi pedoman bagi anakmu. Contohnya dengan ayat berikut:

Amsal 3:1-2 TB Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

Menjadi Orang Tua yang Bijaksana

Merayakan ulang tahun anak seharusnya bukanlah beban bagi orang tua. Karena perayaan ulang tahun tidak mempunyai standar yang mahal namun lebih mengutamakan makna. Jadikan momen ulang tahun sebagai investasi berharga dalam hubungan keluarga dan perkembangan spiritual anak. Dengan memahami pentingnya merayakan ulang tahun dengan nilai-nilai Kristen, kita dapat menciptakan keluarga yang kokoh dan penuh berkat.

Jadi, mari bersama-sama rayakan setiap tahun kehidupan anak-anak kita dengan penuh sukacita dan makna. Ini bukan hanya pesta perayaan, tapi juga kesempatan untuk menciptakan kenangan indah, mempererat ikatan keluarga dan membentuk fondasi yang kokoh bagi masa depan anak-anak kita.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK