ARTICLE

Mon - Jan 22, 2024 / 279 / Parenting

5 Langkah SuperParents dalam Membentuk Harga Diri Positif pada Anak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), harga diri adalah kesadaran akan sejauh mana nilai diberikan pada diri sendiri.

Penting bagi perkembangan anak-anak memiliki harga diri yang sehat, karena hal tersebut dapat membantu mereka merasa percaya diri, kompeten, dan mampu. Sebaliknya, harga diri yang rendah dapat berpotensi menimbulkan masalah seperti kecemasan, depresi, dan perilaku antisosial.

SuperParents memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mengembangkan harga diri yang positif. Berikut adalah lima langkah yang dapat diambil untuk mencegah tergerusnya harga diri pada anak:

1. Beri Kesempatan Anak Melakukan Sendiri

Memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan hal-hal sendiri adalah salah satu cara terbaik dalam membantu mereka mengembangkan harga diri. Melibatkan anak dalam tugas-tugas sehari-hari memberikan pesan bahwa mereka mampu dan berharga.

2. Pujian yang Tepat dan Proporsional

Memberikan pujian adalah cara efektif untuk membangun harga diri anak. Namun, penting untuk memberikan pujian yang sesuai. Pujian yang berlebihan dapat menciptakan ekspektasi yang tidak realistis, sementara pujian yang minim dapat membuat anak merasa kurang dihargai.

3. Kritik yang Konstruktif

Kritik dapat menjadi alat pembelajaran yang baik, tetapi sebaiknya disampaikan secara konstruktif. Kritik yang bersifat merusak dapat menghancurkan harga diri anak. Oleh karena itu, kritik sebaiknya memberikan panduan untuk perbaikan tanpa membuat anak merasa tidak berharga.

4. Fokus pada Potensi dan Kekuatan Anak

Jangan terlalu fokus pada kekurangan anak. Penting untuk mengakui dan memberikan perhatian pada potensi serta kekuatan yang dimiliki anak. Hal ini membantu membangun rasa percaya diri dan nilai diri yang positif.

5. Hukuman yang Bijaksana

Hukuman yang diberikan sebaiknya bersifat bijaksana dan proporsional. Hukuman yang adil dan mendidik dapat membantu anak memahami konsekuensi dari perilaku mereka tanpa merusak harga diri mereka. Hukuman sebaiknya diterapkan dengan penuh kasih sayang dan pengertian.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

Tags :

Parenting

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK