ARTICLE

Wed - Jan 25, 2017 / 2435 / Inspirational

5 Kiat Kreatif Liburan Keluarga Bahagia Masa Kini

Bagi keluarga modern saat ini, liburan adalah kegiatan wajib yang patut dimasukkan dalam daftar ketika masa liburan anak sekolah dan kantor telah tiba. Bertepatan dengan liburan Ramadan dan akhir semester bagi anak sekolahan kali ini, para orang tua harusnya sudah punya kiat-kiat liburan menyenangkan tersendiri.

Namun dengan itu bukan berarti tidak memerlukan panduan kiat yang dirangkum olehjawaban com berikut untuk Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan hal-hal berikut saat hendak berlibur dengan keluarga besar atau kecil Anda.

# Pilih destinasi yang cocok untuk keluarga

Tidak semua destinasi wisata cocok untuk liburan keluarga yang memiliki anak-anak kecil atau memilih wisata yang hanya menyediakan wahana untuk anak-anak saja. Dengan itu, carilah destinasi yang kira-kira menawarkan wahana yang cocok untuk anak-anak dan orang tua. Misalnya, wisata rekreasi di Dufan, wahana Bianglala, TransStudio Bandung atau Junggleland Sentul.

Masukkan daftar-daftar destinasi liburan ini jauh-jauh hari agar Anda bisa memperbandingkan harga yang ditawarkan untuk menikmati segala fasilitas dan wahananya bersama keluarga Anda.

# Cari tahu minat wisata setiap anggota keluarga

Memilih destinasi wisata yang tidak digemari oleh anggota keluarga juga hanya akan membuat Anda repot. Setelah Anda membuat daftar-daftar seperti di poin pertama, lalu Anda perlu menyepakatinya bersama keluarga. Apakah lebih menyukai wisata outdoor atau indoor. Kesamaan minat bisa diwujudkan dengan itinerary liburan keluarga yang seru. Bila semua anggota keluarga suka makan, wisata kuliner bisa jadi pilihan misalnya Bandung, Makassar atau Taipei. Kalau suka petualangan, cobalah camping seru, outbound atau arung jeram.

# Gunakan paket liburan

Setelaj menyepakati hendak liburan kemana, saatnya untuk mencari promo atau paket liburan yang disediakan oleh sejumlah tour & travel. Hal ini penting mengingat liburan Anda menyertakan anggota keluarga yang mungkin tidak sedikit. Jadi bisa sekaligus menghemat pengeluaran wisata. Misalnya, hemat tiket pesawat, kamar hotel atau retribusi masuk ke dalam destinasi wisata.

# Utamakan kebahagiaan anak-anak

Sebagai orang tua, liburan mungkin sudah kerap kali Anda lakukan sehingga tak terlalu masalah buat Anda. Untuk itu, utamakanlah keinginan anak-anak. Orang tua mungkin bisa mengambil peran sebagai pelatih atau tour guide yang mengajarkan berbagai hal kepada anak.

# Liburan sebagai momen untuk membangun keakraban

Banyak orang tua yang salah  menilai tentang liburan keluarga, diantaranya ada yang sudah merasa puas ketika hanya mengajak dan merencanakan anak-anak berlibur. Namun tidak membangun komunikasi dan interaksi yang baik selama liburan, seperti tidak terlibat saat anak bermain dan hanya sibuk dengan kesibukannya sendiri. Orang tua camkan hal ini! Liburan adalah momen bagi Anda dan keluarga mengikat kembali hubungan dan keakraban yang jarang terjadi di hari-hari ketika Anda sibuk dengan pekerjaan.

Usahakan untuk melibatkan seluruh keluarga dalam liburan Anda, tidak boleh ada yang pasif. Carilah kegiatan dimana hal itu membutuhkan aksi yang aktif dan kerja sama yang baik. Misalnya, ayah dan anak laki-laki bisa bekerja sama memasang tenda bila destinasinya adalah camping. Sementara ibu dan anak perempuannya bisa menyiapkanbarbeque untuk kegiatan api unggun di malam hari sembari menikmati suasana sejuk di malam hari.

Liburan keluarga akan memberikan berkah tersendiri bagi setiap anggota keluarga jika benar-benar dinikmati dengan sepenuhnya.

Sumber : jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK