ARTICLE

Mon - Apr 04, 2022 / 5720 / Sunday School

5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Paham Arti Paskah yang Sesungguhnya

Coba tanyakan kepada anak-anak apa itu Paskah? Mungkin ada yang menjawab kebangkitan Tuhan Yesus, Tuhan Yesus yang menebus dosa umat manusia d kayu salib, telur Paskah, kelinci, dan bisa saja yang ingin mencari telur Paskah.

Jika dibandingkan, biasanya gereja merayakan Paskah tidak sesemarak saat Natal. Padahal Paskah itu sama pentingnya lho. Bagaimana kalau Tuhan Yesus yang sudah datang ke dunia justru tidak jadi mengorbankan diri-Nya? Tidak akan ada kuasa penebusan dosa dan kebangkitan bukan. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai guru sekolah minggu (GSM) dan orang tua untuk memberikan pengajaran pada anak tentang kebenaran Paskah bagi hidup mereka.  Caranya mudah:

1. Jelaskan kepada anak tentang makna Paskah bagi Anda sendiri.

Anda bisa membacakan banyak buku dan Alkitab kepada mereka. Tetapi bila mereka tidak melihat arti Paskah dalam diri Anda, maka cerita itu hanyalah pengantar tidur atau dongeng semata. Atau Anda bisa mengajak anak menonton video Superbook yang berjudul “Kasih Terbesar” Kisah Yesus Disalib, Mati, dan Bangkit. Setelah itu, bisa menjelaskan bagaimana pendapat dan pengalaman Anda sendiri.

 

2. Jelaskan dengan perlahan dan jawab setiap pertanyaan anak.

Biarkan mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang Paskah dan berpura-puralah Anda tidak mengetahui apa-apa. Saat anak-anak bertanya, jawablah kalau Anda tidak yakin dengan jawabannya. Akhirnya Anda dan anak akan membuka Alkitab bersama dan mencari jawabannya.

Dengan mencari bersama, anak juga mendapat fakta bukan hanya berdasarkan perkataan Anda saja, tapi ada bukti Alkitabiah pendukungnya. Mereka juga didorong untuk rajin membaca Alkitab. Dan yang terpenting adalah anak memahami alasan Yesus menderita, mati, dan bangkit.

 

3. Bacalah ayat-ayat yang menceritakan tentang penyaliban dan kebangkitan.

(Matius 26-28, Markus 14-16, Lukas 22-24, dan Yohanes 18-20).

Fokuslah pada kebangkitan. Jelaskan kepada anak-anak bahwa kematian Yesus di kayu salib bukanlah akhir dari cerita. Kita semua perlu diingatkan bahwa bagian terpenting dari Paskah adalah Kristus dibangkitkan dari kematian pada hari yang ketiga.

 

4. Libatkan anak dalam kegiatan menolong sesama.

Momen Paskah adalah saat yang terbaik untuk mengajarkan “kasih” pada anak-anak. Anda bisa mengajak anak untuk berbagi kasih dengan orang-orang yang ada di panti jompo atau panti sosial terdekat. Atau dengan membuat kartu Paskah untuk dikirimkan ke keluarga, teman, bahkan orang-orang yang belum dikenal. Contohnya orang di penjara, tuna wisma, dan lainnya.

 

5. Ajaklah anak-anak menghadiri ibadah Jumat Agung dan Paskah (beberapa juga merayakan di ibadah Kamis Putih).

Ini adalah sarana yang tepat untuk belajar tentang apa yang dialami Yesus Kristus ketika menebus dosa umat-Nya. Mulai dari perjamuan terakhir, berdoa di Getsemani, kematian, dan kebangkitan-Nya!

Bagaimana SuperTeacher dan SuperParents sudah siap mengajar anak tentang makna Paskah yang sebenarnya? Yuk mari kita praktekkan!

Selamat merayakan... Tuhan Yesus memberkati. (CC)

Sumber: sabda.org

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK