ARTICLE

Fri - Jun 19, 2020 / 333 / Sunday School

4 Hal yang Diperlukan Sekolah Minggu Agar Tetap Kreatif di Masa New Normal

Generasi anak sekarang berkembang semakin pesat. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda. Anak-anak seakan dipaksa untuk mengenal dan menggunakan dunia digital sesering mungkin. Oleh karena itu, kita sebagai guru sekolah minggu harus kreatif, inovatif, dan relevan dalam menyampaikan firman Tuhan. 

Nah untuk itu, Superbook punya tipsnya agar kakak-kakak terus bisa melayani secara kontekstual dan sesuai dengan masa pandemi ini. Tapi sebelumnya yuk cek dulu, bagaimana sih guru sekolah minggu masa ini?

 

Siap dengan teknologi

Sebagai guru sekolah minggu yang kreatif, kita harus melek teknologi lho kak. Minimal bisa video call dan memutar video lewat Youtube deh. Hehehe… Kenapa? Karena di masa pandemi seperti ini kan pertemuan-pertemuan dibatasi. Bahkan untuk anak-anak sebaiknya tidak keluar rumah karena resiko terjangkitnya cukup besar. Oleh karena itu yang bisa kita andalkan adalah memanfaatkan teknologi yang ada untuk tetap bisa berkomunikasi. Kakak bisa update kemampuan untuk memakai teknologi dari internet. Terutama untuk mengadakan ibadah online seperti pada link di bawah ini: 

7 CARA PENTING MEMBUAT IBADAH SEKOLAH MINGGU ONLINE YANG MENARIK

Kalaupun sekolah minggu kakak belum mampu membuat ibadah online, kakak bisa mengajak anak dan orang tua untuk mengakses Youtube Superbook Indonesia setiap hari Minggu pukul 6.45 WIB. Disana akan ada Sekolah Minggu Online Superbook yang bisa menuntun anak untuk tetap memuji dan memuliakan nama Tuhan, serta mendengar firman Tuhan.

Baca juga : BELAJAR TETAP PERCAYA KEPADA TUHAN DI TENGAH PENDERITAAN LEWAT SEKOLAH MINGGU ONLINE

Case-Method Thinking

Setelah ibadah online selesai, kakak bisa menuntun anak lewat chat whatsapp group untuk membahas apa yang telah mereka pelajari tadi. Kakak juga bisa pakai contoh kisah Alkitab dengan pengaplikasiannya. Misalnya mau menjelaskan tentang taat kepada Tuhan, kakak bisa umpamakan bagaimana anak-anak taat kepada orang tua dan peraturan yang berlaku di masyarakat.

 

Tantangan dan Permainan

Anak-anak akan semakin bersemangat ketika kita memberikan tantangan yang seru untuk dilakukan di rumah. Misalnya tantangan untuk membuat kue dengan ayat yang menguatkan, lalu dibagikan kepada orang-orang yang lewat di sekitar rumah anak atau tetangga. Atau mengikuti berbagai macam kegiatan yang Superbook telah sediakan di Sekolah Minggu Online Superbook. Dijamin seru dan mengasyikan.

 Baca juga : BELAJAR BERJUANG DI TENGAH BADAI SEPERTI PAULUS LEWAT SEKOLAH MINGGU ONLINE SUPERBOOK!

Media visual

Tak bisa dipungkiri, anak-anak paling senang jika mendengarkan firman lewat menonton. Kakak bisa mencari film-film yang berkaitan dengan firman Tuhan yang akan dibawakan. Dengan menonton, anak akan lebih mudah mengerti dan mendapatkan gambaran tentang kisah-kisah Alkitab yang terjadi. Kalau kakak bingung mau cari videonya dimana, Superbook sudah menyediakan secara lengkap lho kak materinya di Youtube channel Superbook Indonesia. Mulai dari video animasi kisah Alkitabnya dan video animasi pengaplikasian dalam kehidupan anak.

Nah kalau kakak bingung lagi, ingin membawakan materi yang mudah dan simple tanpa perlu banyak kuota internet, Superbook sudah menyediakan materi yang bisa di download. Pssttt… tapi yang bisa download hanya gereja-gereja yang sudah bergabung dengan Superbook saja ya.

KLIK DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK