ARTICLE

Tue - Jan 16, 2024 / 245 / Sunday School

4 Cara Ajari Anak Sekolah Minggu Menabung Sejak Dini

Menabung merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Dengan menabung, anak akan belajar untuk mengelola keuangannya dengan bijak, serta menghargai hasil jerih payahnya.

Bagi anak Sekolah Minggu, menabung dapat menjadi salah satu cara untuk belajar tentang pentingnya berbagi kepada sesama. Dengan menabung, anak dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung di persembahan gereja.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak Sekolah Minggu menabung:

1. Berikan contoh yang baik

Anak-anak akan meniru apa yang mereka lihat dan dengar dari orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan guru untuk memberikan contoh yang baik dalam hal menabung.

Orang tua dan guru dapat menabung di depan anak-anak, serta menceritakan pengalaman mereka dalam menabung. Dengan demikian, anak-anak akan termotivasi untuk menabung juga.

2. Jelaskan pentingnya menabung

Anak-anak perlu memahami pentingnya menabung. Orang tua dan guru dapat menjelaskan kepada anak-anak bahwa menabung dapat digunakan untuk membeli barang yang diinginkan, atau untuk keperluan di masa depan, seperti biaya sekolah atau kuliah.

Orang tua dan guru juga dapat menjelaskan kepada anak-anak bahwa menabung dapat membantu mereka untuk menjadi orang yang hemat dan bijaksana dalam mengelola keuangan.

3. Buatlah celengan atau buku tabungan

Celengan atau buku tabungan dapat menjadi sarana bagi anak untuk menabung. Orang tua dan guru dapat mengajak anak untuk memilih celengan atau buku tabungan yang mereka sukai.

Celengan atau buku tabungan akan membuat anak merasa senang dan termotivasi untuk menabung.

4. Berikan penghargaan

Anak-anak akan senang jika mereka mendapat penghargaan atas usaha mereka. Orang tua dan guru dapat memberikan penghargaan kepada anak-anak yang rajin menabung, misalnya dengan membelikan mereka mainan atau buku.

Penghargaan akan membuat anak-anak merasa bangga dan termotivasi untuk terus menabung.

Dengan mengajarkan anak sekolah minggu menabung sejak dini, orang tua dan guru dapat membantu mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang hemat, bijaksana, dan peduli kepada sesama.

 

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK