ARTICLE

Sun - Jun 11, 2023 / 3369 / Sunday School

3 Permainan Sederhana Untuk Memberkati Anak Melalui Firman Tuhan

Guru sekolah minggu yang ingin memberkati anak-anak dengan firman Tuhan sambil menciptakan kebersamaan dapat mencoba tiga permainan sederhana ini.

Bola Pingpong
Salah satu permainan yang bisa dipilih adalah bola pingpong. Persiapkan beberapa hal berikut sebelum memulai:

- Sebuah Alkitab
- 4 bola pingpong
- Kertas
- Penanda

Ajak anak-anak bermain dengan cara membuat dua garis dan berikan empat bola kepada pemain di setiap baris. Dua bola dipegang oleh masing-masing pemain. Sediakan kertas dan spidol.

Berikan aba-aba berikut:
'Ketika kamu mendengar kata 'Pergi', pemain yang memegang bola harus berlari ke kertas dan menulis nama lengkapnya sambil tetap memegang bola. Setelah itu, pemain kembali ke garis dan menyerahkan bola ke pemain berikutnya, lalu melakukan hal yang sama.'

Setelah permainan selesai, ajak anak-anak mendengarkan pesan Alkitab yang diambil dari Efesus 4:32, 'Tetapi hendaklah kamu menjadi baik dan penuh kasih, saling mengampuni, sebagaimana Allah juga mengampuni kamu dalam Kristus.'

Lalu, tanyakan hal-hal berikut yang terkait dengan permainan bola pingpong:

Apa hubungan antara mempertahankan bola dengan kesulitan dalam mengampuni?

Mengapa kita bisa mengampuni, bahkan saat kita tidak menyukainya?

 

Mendesain Pakaian

Permainan ini melatih anak-anak dalam karunia rohani. Persiapkan beberapa hal berikut:

- Alkitab
- Gunting
- Kertas papan bulletin
- Pita
- Penanda

Minta anak-anak duduk dalam lingkaran dan berikan instruksi untuk menggunakan peralatan yang sudah disiapkan guna membuat pakaian bagi teman di sebelah kanan mereka.

Berikan instruksi ini:
'Pikirkan potensi yang dimiliki oleh teman di sebelah kananmu. Pastikan bahwa pakaian yang kamu buat akan membantu mereka menggunakan potensi mereka untuk melayani orang lain. Diskusikan ide-ide tersebut dengan temanmu.'

Setelah permainan selesai, bacakan ayat dari Roma 12:4-8, 'Kita adalah satu tubuh di dalam Kristus, tetapi kita mempunyai banyak anggota yang memiliki tugas yang berbeda. Setiap kita memiliki karunia yang berbeda, baik karunia bernubuat, melayani, mengajar, maupun menasihati. Siapa yang memberi, lakukanlah dengan ikhlas; siapa yang memimpin, lakukanlah dengan tekun; siapa yang menunjukkan kemurahan, lakukanlah dengan sukacita.'

Minta anak-anak untuk memberikan desain pakaian yang mereka buat kepada teman mereka dan dorong mereka untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa mereka membuat pakaian tersebut.

Kemudian, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut kepada mereka:

1. Bagaimana kamu dapat menggunakan pakaian tersebut untuk melayani orang lain?

2. Menurutmu, apa artinya hidup melayani sesuai dengan karunia?

 

Piring Penuh

Permainan ini dapat digunakan untuk menggali komitmen setiap anak terhadap Tuhan. Persiapkan beberapa hal berikut:

- Alkitab
- Piring kertas
- Pulpen

Minta anak-anak dengan cepat menggambar rencana mereka di atas piring kertas. Mereka dapat menggambar apa pun yang mereka sukai, seperti olahraga, perjalanan, belajar, atau hal lainnya.

Setelah itu, ajukan pertanyaan berikut:
'Menurutmu, apa arti memiliki piring penuh?'

Selanjutnya, bacakan kutipan dari Amsal 16:3, 'Serahkanlah segala urusanmu kepada Tuhan, maka rencanamu akan berhasil.'

Selanjutnya, tanyakan pertanyaan berikut kepada anak-anak:

Bagaimana cara kamu menerapkan firman Tuhan ini dalam hidupmu?
Apakah ada hal-hal yang ingin kamu tambahkan atau lepaskan dari rencanamu? Apa itu?
Minta anak-anak melemparkan piring mereka ke udara, lalu minta mereka mengambil piring orang lain. Instruksikan mereka untuk membawa pulang piring tersebut sebagai pengingat untuk menjalankan komitmen mereka.

Semoga artikel ini dapat membantu para guru sekolah minggu di mana pun mereka berada dalam mengajar anak-anak kita untuk semakin mencintai Tuhan dengan sepenuh hati. Amin.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK