ARTICLE

Fri - Mar 10, 2023 / 2269 / Inspirational

3 Peran Suami Agar Dunia Bisa Melihat Kristus Dalam Keluargamu

Menjadi suami sekaligus ayah bukanlah hal yang mudah, dan tidak sedikit yang bingung seperti apa sih seharusnya menjadi suami Kristen yang baik?

Tidak ada training, tidak ada video tutorial dan juga tidak ada deskripsi jelas apa sih pekerjaan suami dan ayah itu.

Namun untuk para suami, kalian harus tahu kalau hal itu adalah kehormatan karena kamu menjadi menjadi gambaran dari Yesus dan Bapa Sorgawi di dunia ini. Ya, menjadi seorang suami yang baik sesuai standar Alkitab adalah menjadi sama seperti Kristus. Untuk itu Anda harus tahu peran Anda.

1. Menjadi pemimpin

Rasul Paulus menuliskan, '..suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.' (Efesus 5:23). Menjadi kepala bukan hanya memimpin, dan mengatur istri dan keluarga, namun Paulus memberikan gambaran sebagaimana Kristus sebagai kepala gereja menyelamatkan umat-Nya yang adalah tubuh Kristus.

Yesus sendiri berkata, 'Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.' (Markus 10:45).

Nah para suami, jadilah pemimpin seperti Yesus. Milikilah hati seorang hamba di rumah tanggamu, karena kamu dipanggil untuk melayani dan bahkan berkorban untuk keselamatan mereka.

Dalam hal ini, kamu bukan hanya bertanggung jawab terhadap kebutuhan hidup mereka saja, karena keselamatan yang utama adalah keselamatan jiwa mereka. Jadi kamu harus dapat menjadi imam, yang membawa mereka kepada Yesus setiap harinya. Bukan dengan paksaan, namun dengan kasih.

 

Baca Juga: PEDOMAN ALKITABIAH UNTUK AYAH DALAM MENERAPKAN POLA ASUH KEPADA ANAKNYA

 

2. Menjadi sahabat

Kristus berkata kepada umat-Nya, 'Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.' (Yohanes 15:15).

Sama seperti Kristus menjadi sahabat bagi umat-Nya, demikian seorang suami bagi istrinya. Persahabatan adalah tingkat hubungan yang sangat dekat, di mana dua orang atau lebih berbagi hidup. Ada saling pengertian, ada saling menerima dan juga ada pengorbanan satu sama lain.

Seorang suami atau isteri harusnya adalah sahabat terdekat pasangannya. Karena mereka bukan hanya berbagi ruang hidup, namun juga berbagi segalanya dalam kehidupannya.

Apakah kamu sudah menjadi sahabat yang baik untuk isteri dan anak-anakmu?

 

Baca Juga: PEDOMAN ALKITABIAH UNTUK AYAH DALAM MENERAPKAN POLA ASUH KEPADA ANAKNYA

 

3. Menjadi penyedia bagi keluarga

Walau saat ini sudah masanya emansipasi dimana wanita juga bisa berkontribusi terhadap kebutuhan keluarga, namun tetap yang bertanggung jawab adalah suami.

Bahkan dalam 1 Timotius 5:8 berkata, 'Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.'

'Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.' (1 Petrus 3:7)

Para ayah mendapatkan tugas istimewa untuk memimpin dan melayani keluarga. Lakukanlah tugas tersebut dengan penuh sukacita dan segenap hati, sehingga dunia bisa melihat bahwa seperti itulah hubungan Kristus dan gereja-Nya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK