ARTICLE

Tue - Aug 14, 2018 / 1378 / Parenting

3 Langkah Mudah Bantu Anak Terbiasa Tidur Sendiri

Bentuk sayang yang berlebihan terhadap anak sering kali membuat mereka kurang mandiri. Misalnya waktu tidur. Di Indonesia hampir semua orangtua membiarkan anaknya yang masih balita tidur bersama mereka dalam satu kamar. Kebiasaan itu terus dilakukan sampai si anak tumbuh besar, hingga kadang susah menyuruhnya tidur di kamarnya sendiri.

Super Parents, ayo latih Anda dan balita Anda belajar tidur sendiri sedini mungkin. Bisa kok dimulai sejak usianya masih 1 tahun. Berikut ini beberapa tahap yang bisa membantu Super Parents mempersiapkan mereka tidur sendiri.

Pindahkan ia ke dalam boks bayi

Anda tetap bisa menaruh boks bayinya di sisi ranjang yang berada persis di sebelah tempat tidur Anda sehingga ia masih bisa melihat Anda. Ketika anak mulai terbiasa, cobalah memindahkan boks agak jauh dari tempat tidur Anda.

Sumber: Baby Gaga

Bacakan cerita atau nyanyikan lagu pengantar tidur. Saat ia mulai terlelap, Anda bisa kembali ke ranjang Anda. Pastikan boks tidurnya terkunci rapat karena ia bisa saja memanjat meninggalkan tempat tidurnya.

Biasakan ia tidur di kamarnya sendiri di siang hari

Kalau siang kan nggak gelap ya, jadi dia tidak akan takut sendirian. Hal ini juga membantunya terbiasa dengan suasana kamarnya sendiri.

Pindahkan ia ke kamarnya

Jika anak semakin terbiasa tidur terpisah dari Anda, pindahkan ke kamarnya sendiri. Temani anak hingga ia terlelap, lalu tinggalkan. Mungkin Anda perlu beberapa malam menemaninya tidur di kamarnya sendiri.

Untuk beberapa minggu pertama, bisa jadi ia terbangun di tengan malam dan memanggil Anda menemaninya. Tidak apa-apa, moms. Temani ia hingga merasa nyaman dan aman untuk dapat tidur sendiri sampai dia benar-benar terbiasa tidur sendiri. (CG)

Sumber: Parenting

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK