ARTICLE

Fri - Nov 17, 2023 / 248 / Inspirational

3 LANGKAH MEMBANGUN KEBIASAAN DEVOSIONAL BERSAMA KELUARGA

Kehidupan keluarga adalah tempat dimana nilai-nilai spiritual diperkenalkan dan ditanamkan. Salah satu cara paling efektif untuk memperkuat fondasi rohani dalam keluarga adalah dengan membangun kebiasaan melakukan devosional bersama.

Devosional keluarga adalah waktu yang dikhususkan untuk berdoa, membaca Alkitab, dan berbagi tentang iman bersama keluarga. Ini adalah kesempatan untuk membangun hubungan dengan Tuhan dan satu sama lain.

Banyak orang tua yang mungkin merasa kesulitan menyatukan keluarga dalam momen devosional karena kesibukan masing-masing. Namun, penting untuk diingat bahwa memberikan waktu untuk Tuhan bersama-sama memiliki dampak jauh lebih besar daripada kesulitan sementara yang mungkin dihadapi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun kebiasaan devosional bersama keluarga:

1. Mulailah dengan hal-hal sederhana. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan devosional yang sempurna. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti membaca Alkitab bersama atau berdoa bersama.
2. Jadilah konsisten. Hal terpenting adalah konsistensi. Pilihlah waktu dan tempat yang nyaman untuk devosional keluarga, dan lakukanlah secara teratur.
3. Libatkan anak-anak. Biarkan anak-anak berpartisipasi dalam devosional keluarga. Berikan mereka kesempatan untuk berbagi pikiran dan perasaan mereka tentang iman.

'Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan saling menasihati dalam mazmur, kidung pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyilah bagi Tuhan dengan segenap hatimu, dan bersyukurlah kepada-Nya dalam segala hal.' (Kolose 3:16-17)

Membangun kebiasaan devosional bersama keluarga bukan hanya tentang menambahkan aktivitas ke dalam jadwal harian, tetapi tentang memberikan ruang bagi Tuhan untuk bekerja dalam kehidupan keluarga. Dengan memprioritaskan kehidupan rohani, keluarga tidak hanya mendekatkan diri satu sama lain, tetapi juga mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Tuhan yang mengasihi dan membimbing setiap langkah keluarga.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK