ARTICLE

Tue - Jun 01, 2021 / 2114 / Parenting

3 Kata Ajaib Pengubah Dunia !

Contoh terkecil yang harus diajarkan kepada anak sejak dini adalah kebiasaan baik secara perilaku maupun ucapan. Seperti mengajarkan anak untuk menerapkan konsep 3 kata ajaib . Sederhana, namun konsep three magic word merupakan konsep dasar pembelajaran nilai dan norma kesopanan yang kelak dapat di tanamkan kepada setiap anak.

Three magic word merupakan sebuah nama prasa untuk gabungan tiga kata sederhana namun memiliki arti yang sangat penting untuk anak. Kata-kata tersebut adalah maaf (sorry), tolong (please), terima kasih (thank you). Mari kita telaah lebih lanjut tentang 3 magic word ini.

1. MAAF


Konsep pertama adalah maaf (sorry), ajarkan anak untuk selalu meminta maaf ketika mereka melakukan sebuah kesalahan. Konsep pertama ini mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka perbuat dengan meminta maaf ketika mereka salah.

Saat ini banyak sekali orang yang susah sekali meminta maaf entah karena faktor gengsi atau rasa arogan. Dengan konsep pertama ini anak di harapkan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, ramah dan tidak arogan.

 

Baca Juga : BAGAIMANA MEMBANGUN RASA SAYANG DAN MENGASIHI DALAM DIRI ANAK?

 

2.TOLONG


Kemudian konsep kedua adalah tolong (please), kata tolong bisa diajarkan dengan mensosialisasikan nilai oleh orang tua. Seperti contoh biasakan menggunakan kata “tolong” ketika kita hendak memberikan perintah kepada anak kita. Konsep kedua ini bertujuan mendidik anak untuk tidak memiliki sifat yang otoriter atau bossy.

3.TERIMA KASIH


Konsep yang terakhir adalah terima kasih (thank you), konsep ini juga merupakan hal penting yang harus diajarkan orang tua kepada anak konsep terakhir ini bertujuan mengajarkankan untuk berempati kepada orang lain serta dapat memberikan pelajaran mengenai mengahragai orang lain.


Yuk ajarkan anak agar dapat menjadi kesukaan banyak orang lewat sikapnya!

Claudia Yunika

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK