ARTICLE

Thu - May 16, 2019 / 581 / Sunday School

3 Cara Menciptakan Liburan yang Mengasikkan Bersama Anak Sekolah Minggu

“Libur.. libur...libur mantap jiwa...” Sebentar lagi anak-anak SD libur sekolah dan lebaran. Biasanya saat seperti inilah yang dimanfaatkan oleh guru sekolah Minggu untuk mengadakan retreat, kebaktian padang, atau kegiatan sekolah Minggu kreatif.

Nah Superbook punya usul nih untuk kakak GSM yang masih bingung mau membuat kegiatan kreatif apa di minggu-minggu liburan kedepan.

 

1. Kunjungan asik

Sumber: Julita Manik

Belum tahu mau ngapain? Yuk ajak anak untuk berkunjung ke Museum Lembaga Alkitab Indonesia (LAI). Anak-anak bisa melihat tentang sejarah pembuatan Alkitab dan belajar lewat berbagai koleksi Alkitab yang unik. Lokasi museum ini ada di Gedung Pusat Alkitab, Jalan Salemba 12, Jakarta Pusat yang berdampingan dengan Gedung LAI.

Selain itu, kakak juga bisa mengajak anak untuk melihat lebih jauh benda-benda peninggalan Alkitab di Museum Benda Benda Alkitab Yerushalayim,Pondok Gading Sengon, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Anak-anak bisa belajar benda apa saja yang ada di Alkitab seakan nyata dibawa ke masa lalu. Mulai dari benda yang dipakai orang Israel sehari-hari, alat musik, tanaman yang disebutkan di Alkitab, dan masih banyak lagi.

 

2. Retreat keren

Sumber : Messiah Church

Mungkin kalau anak mendengar kata sekolah Alkitab liburan terlalu berat ya. Kakak bisa kreasikan nama yang tepat untuk kegiatan ini agar nampak lebih menyenangkan walaupun sebenarnya tujuannya untuk belajar Firman Tuhan lebih lagi. Misalnya “Sekolah Minggu Liburan” atau “Retreat Ceria”, dll.

Biasanya anak akan tertarik dan orangtua pun ikut mendukung kegiatan ini. Anak bisa diajak selama 3 hari atau lebih menginap dan belajar Firman Tuhan bersama lewat kegiatan yang mengasikkan. Dalam kegiatan ini, anak bisa merasakan keterikatan dan hubungan kasih dari teman sebaya maupun pembinanya.

Anak juga bisa diajak untuk mempraktekkan Firman Tuhan lewat drama ataupun talenta mereka lainnya. Dijamin seru! Di hari terakhir, kakak bisa mengajak orangtua anak untuk ikut bergabung dalam kegiatan keluarga dimana anak akan merasakan kasih sayang dan rekreasi bersama.

 

3. Fun Vacation

Sumber : theasianparent

Ada yang mengenal dengan istilah kebaktian padang? Ehmm.. Supaya kegiatan ini bisa lebih menyenangkan, kakak bisa mengajak anak berkunjung ke taman seperti Kebun Raya dimana anak bisa bermain sambil menikmati alam ciptaan Tuhan. Atau ke kebun binatang untuk belajar mengenal binatang ciptaan Tuhan dan bersyukur.

Kakak juga bisa mengikutsertakan orangtua dengan mengadakan playdate. Apa sih itu playdate? Playdate adalah istilah yang kini dipakai orangtua milenial dimana teman-teman anak akan diundang untuk bermain bersama. Kegiatannya bisa lewat membuat keterampilan yang berhubungan dengan Firman Tuhan, membuat makanan bersama, melantunkan puji-pujian kepada Tuhan, dan permainan sekolah Minggu. Semua itu anak lakukan bersama dengan orangtuanya.

Kakak sudah tahu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan, sekarang giliran kakak untuk melakukannya bersama dengan anak-anak. Apabila kakak ada ide menarik lainnya, boleh lho di share di kolom komentar di bawah ini.

Untuk mendapatkan permainan dan berbagai kegiatan menarik untuk sekolah Minggu kakak, yuk bergabung menjadi sekolah Minggu Superbook dengan cara...

KLIK DISINI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK