ARTICLE

Mon - Mar 06, 2023 / 614 / Sunday School

12 Cara Sederhana Bikin Anak Merasa Dicintai

Banyak anak yang merasa diabaikan karena orang tua sulit mengungkapkan rasa cinta, sekalipun dengan cara yang sederhana.


Jika Anda adalah seorang Guru Sekolah Minggu atau mungkin pendeta, Anda bisa men-deliver kasih kepada anak-anak yang Anda layani.


Bagaimana caranya? Lakukan dengan 12 cara sederhana ini.


1. Berikan Pujian

Semua orang senang mendengar pujian tentang diri mereka, termasuk anak-anak. Anak membutuhkan pujian setiap hari dari orang-orang terdekatnya, mulailah membagikannya.

 

Baca Juga: BUKU TANPA KATA, METODE PEMBELAJARAN KREATIF BAGIKAN KONSEP KESELAMATAN KE ANAK

 

2. Kirim anak surat atau kartu ucapan

Pernahkah Anda terpikir jika anak juga suka mendapat sepucuk surat atau ucapan. Sekali-kali, cobalah memberikan ucapan manis kepada setiap anak yang mengikuti Sekolah Minggu Anda.

3. Panggil mereka dengan nama

Ternyata anak juga senang dipanggil dengan nama mereka sendiri lho! Cobalah memanggil nama mereka satu per satu dengan lembut.

4. Ucapan kata-kata positif 

Menyampaikan kata-kata negatif ke anak hanya akan mematikan cahaya di dalam diri mereka. Jadi bangunlah hubungan dengan anak dengan mengucapkan kata-kata yang positif.

5. Berbicara sejajar dengan anak

Terdengar simpel, tapi tahukah Anda kalau ternyata anak butuh diperlakukan dengan layak. Itu sebabnya penting untuk para guru Sekolah Minggu maupun pendeta anak untuk menundukkan diri sejajar dengan anak ketika mendengar mereka bicara.

 

Baca Juga: 3 CARA AJARKAN ANAK SEKOLAH MINGGU BIAR JADI SOSOK PEMBERANI

 

6. Sering bertanya ke anak

Ada kalanya anak tidak suka ditanyai. Tapi kenyataannya anak haus perhatian. Dengan bertanya tentang keadaan maupun hidup mereka, anak akan merasa berharga.

7. Berdoa untuk anak

Saat Anda bertanya kepada seorang anak tentang apa yang bisa Anda doakan untuk mereka, anak akan merasa diperdulikan. Bahkan mereka bisa menganggap Anda sebagai seseorang yang sangat dekat.

8. Rayakan ulang tahun anak

Anak akan merasa spesial saat orang-orang merayakan hari ulang tahunnya. Bagi mereka ini adalah hari yang sangat penting sehingga semakin banyak orang mengucapkan semakin bahagia mereka.

9. Hadir di hari-hari penting anak

Sekalipun Anda hanyalah Guru Sekolah Minggu, yang hanya bertemu sekali dalam satu minggu, bukan berarti Anda mengabaikan undangan anak. Anak akan sangat bersyukur saat banyak orang hadir di hari-hari pentingnya, seperti saat masa wisuda TK dan sekolah.

10. Ajak anak jajan

Memang gak bisa bohong kalau anak memang suka jajan. Karena itu supaya mereka merasa disayangi, cobalah sekali-kali mengajak anak jajan atau membelikan mereka jajanan kecil.

11. Buat jadwal kunjungan ke rumah

Ternyata anak-anak suka lho dikunjungi. Mereka akan merasa spesial saat ada orang yang datang berkunjung dan bermain bersama di rumah.

12. Investasikan waktu Anda untuk anak

Tak perlu waktu 24 jam untuk menghabiskan waktu bersama anak supaya mereka merasa dicintai. Mereka hanya butuh beberapa jam saja. Jadi, cobalah untuk mengambil waktu yang konsisten setiap minggu untuk bisa berkumpul dengan beberapa anak, membicaraka tentang Tuhan dan makan secukupnya. Masa-masa ini akan jadi momen yang sangat berharga untuk anak.
Apakah kakak GSM mau membuat anak merasa dicintai dalam hidupnya? Yuk mulai lakukan dengan cara sederhana di atas.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK