ARTICLE

Fri - May 03, 2019 / 1182 / Sunday School

10 Tanda Kamu Stres Jadi Guru Sekolah Minggu dan Cara Mengatasinya

Mengajar bukanlah pelayanan yang mudah. Pelayanan guru sekolah Minggu (GSM) sebenarnya memiliki kesulitan yang sama dengan menjadi guru sekolah. Bedanya, banyak GSM yang tidak memiliki latar belakang mengajar di sekolah namun punya hati untuk anak. Nah sebagai GSM ada saja hal yang membuat pusing bahkan stres. Sebaiknya kenali sedari dini yuk tanda-tandanya.

1. Susah fokus dan konsentrasi

Biasanya ini terjadi karena terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat. Yuk seimbangkan hari kita.

2. Sakit kepala

Kakak merasakan pelipis yang berdenyut dan terasa dihantam dengan benda keras? Bisa saja kakak mengalami stress. Apalagi kalau kakak sampai sakit kepala disertai gangguan tidur yang seringkali mengganggu. Bisa jadi itu tanda masalah kesehatan serius.

3. Pikiran kosong

Saat stress, kelenjar adrenal di tubuh akan menghasilkan kortisol yang menghambat kemampuan kakak dalam mengingat sesuatu. Ketika kakak tidur, otak akan memutar memori yang dipelajari dan menyimpannya dalam penyimpanan jangka panjang. Tapi kalau tidur kakak saja tidak cukup dan hormon kortisol meningkat, maka proses penyimpanan tersebut jadi terganggu.

4. Punggung dan leher pegal

Dr. Colgan menjelaskan jika stress yang kakak alami bisa menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga membuat otot-otot terasa kaku dan sakit.

Sumber : unsplash

5. Pra menstruasi bertambah buruk

Bagi wanita, stres bisa membuat haid menjadi terlambat karena hipotalamus akan menunda pelepasan ovum sehingga memperburuk masa PMS kakak.

6. Kerontokan rambut yang parah

Kalau saat bangun pagi kakak menemukan banyak rambut kakak yang rontok, bisa jadi kakak mengalami Alopecia Areata atau penyakit autoimun yang membuat kekebalan tubuh menyerang folikel-folikel rambut karena stres.

7. Terus menerus sakit

Seperti demam, pilek, batuk, dan penyakit lain karena daya tahan tubuh kakak yang melemah.

8. Sulit mengeluarkan ide baru untuk mengajar

Stres menyebabkan otak menjadi tidak jernih bahkan kosong. Kalau sudah begitu, ide dan kreativitas tentu saja menjadi terhambat.

9. Mengeluh

Mulai dari masalah di kelas, materi yang diajarkan, anak sekolah Minggu, sampai orangtua bisa saja menjadi sumber keluhan saat GSM sedang stres.

10. Hilangnya gairah mengajar

Yang biasanya ceria saat mengajar, kini tatapannya jadi kosong. Dan saat tau kakak ada jadwal mengajar, rasanya malas sekali mempersiapkannya dan seperti ingin menghindar saja.

 

Sumber: Superbook

Nah, setelah mengalami gejala-gejalanya, berikut cara menanggulanginya:

1. Membutuhkan mentor dan coworker

Supaya melayani tidak terasa berat, kakak membutuhkan mentor dan rekan sesama guru untuk saling membantu. Mentor dapat membantu kakak dalam mengarahkan kehidupan spiritual dan jika kakak sedang mengalami stres. Sedangkan rekan sesama guru bisa membantu kakak brainstorming jika ada kesulitan mempersiapkan sekolah Minggu.

2. Punya keintiman dengan Tuhan

Ketika kita tahu kehendak Tuhan dan sering berkomunikasi dengan Dia, inilah saat yang tepat untuk “curhat” dengan Tuhan. Mintalah petunjuk, ketenangan, dan damai sejahtera agar kakak kembali mampu untuk melayani anak.

3. Sadari bahwa kita adalah bagian dari mission imposible” (Matius 28: 19-20)

Saat beban begitu berat dan perkara dunia menjerat, ingatlah kembali bahwa kitalah bagian yang dipilih Tuhan untuk memuridkan generasi-generasi emas yang sudah Ia sediakan. Jadi jangan putus asa dan stres lagi ya kak, karena kakak adalah garam dan terang bagi generasi anak Indonesia!

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK