ARTICLE

Sat - Dec 30, 2023 / 576 / Parenting

10 SUPER AYAT INI JANJI TUHAN UNTUK MASA DEPAN ANAK

SuperParents! Sebagai orangtua, terkadang kita dihadapkan dengan berbagai tantangan dan kekhawatiran mengenai masa depan anak-anak kita. Sebab tanggung jawab sebagai orang tua adalah tanggung jawab yang besar. Namun, Alkitab penuh dengan janji-janji Tuhan yang menguatkan hati dan memberikan harapan. Berikut adalah 10 ayat yang bisa menjadi sumber kekuatan bagi SuperParents sebagai orangtua:

'Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.' - Mazmur 127:3

Ayat ini mengingatkan kita bahwa anak-anak adalah anugerah dari Tuhan. Mereka bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga berkat yang diberikan Tuhan kepada keluarga kita.

'Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.' - Amsal 22:6

Memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak sesuai dengan ajaran Tuhan akan membimbing mereka untuk tetap berada pada jalan yang benar, bahkan ketika mereka sudah dewasa.

'Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.' - Yeremia 29:11

Tuhan memiliki rencana yang baik dan penuh harapan bagi anak-anak kita. Kita sebagai orangtua dapat percaya bahwa masa depan mereka di tangan Tuhan.

'TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.' - Mazmur 37:23

Ketika kita menyerahkan langkah-langkah anak-anak kita kepada Tuhan, Ia akan memberikan petunjuk dan melindungi mereka sepanjang hidup.

'Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu' - Amsal 1:8

Mengajarkan ajaran Tuhan kepada anak-anak merupakan tanggung jawab kita sebagai orangtua. Mereka akan diberkati dengan bijak dan memiliki dasar yang kokoh dalam iman.

'Dan semua anakmu akan diajar tentang TUHAN; dan besarlah kedamaian anak-anakmu.' - Yesaya 54:13

Menyajikan janji Tuhan jika sebagai orang tua, kita selalu menanamkan pengajaran tentang Tuhan, dan membimbing anak-anak untuk mengikuti jalan Tuhan akan membawa mereka kepada ketenangan dan kebahagiaan juga mereka akan hidup dengan damai.

'Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.' - Efesus 6:4

Memberikan contoh hidup yang tenang dan sabar kepada anak-anak adalah kunci untuk mengajarkan mereka mengelola emosi dengan baik.

'Hai anakku, berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku.' - Amsal 23:26

Sikap dan perilaku kita sebagai orangtua memiliki dampak besar pada pembentukan karakter anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjadi teladan yang baik.

'Tetapi Yesus berkata: 'Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.' - Matius 19:14

Anak-anak kita adalah anugerah dari Tuhan dan bagian dari keluarga-Nya. Mereka adalah bagian dari rencana kasih Tuhan yang begitu besar.

'Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.' - 1 Yohanes 3:18

Memberikan kasih kepada anak-anak tidak hanya melalui kata-kata, tetapi juga melalui tindakan nyata. Kasih yang diberikan dengan tulus akan memperkuat hubungan kita dengan mereka.

Semoga ayat-ayat ini memberikan kekuatan dan inspirasi bagi kita sebagai orangtua. Mari kita terus memegang teguh firman Tuhan dalam mendidik dan membimbing anak-anak kita menuju masa depan yang penuh berkat.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK