ARTICLE

Sat - Jul 15, 2023 / 1984 / Inspirational

10 Ayat Alkitab yang Bisa Ajarkan Anak Soal Sikap Hormat

Agar anak dapat menjalin hubungan baik dengan orang tua, saudara, dan orang lain, penting bagi mereka untuk diajarkan tentang sikap saling menghormati. Hal ini memberikan alasan yang kuat mengapa anak perlu belajar bersikap sopan dan menghormati baik dalam kata-kata maupun tindakan terhadap orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

Satu-satunya kunci agar anak dapat menghormati orang lain adalah dengan mengajarkan mereka untuk berkomunikasi dengan baik dan rendah hati saat berinteraksi dengan orang lain. Untuk menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari, papa mama dapat mengajarkan konsep 'bersikap hormat' kepada anak mereka seperti yang terdapat dalam 10 ayat Alkitab berikut ini:

1. Menghormati Tuhan

Nehemia 9: 5

Bangunlah, pujilah TUHAN Allahmu dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Terpujilah nama-Mu yang mulia, yang ditinggikan mengatasi segala puji dan hormat!

 

Baca Juga: INI YANG YESUS AJARKAN TENTANG MENGHORMATI ORANG TUA!

 

Imamat 19: 32

Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah TUHAN.

 

2. Menghormati Orang Tua

Keluaran 20: 12

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Efesus 6: 1-3

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.


Matius 15: 4

Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.

 

3. Menghormati Pemimpin

Ibrani 13: 17

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Roma 13: 2

Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.

 

Baca Juga: BELAJAR DARI KASUS MARIO DANDY, PENTINGNYA AJARKAN ANAK HORMATI ORANG LAIN


Efesus 6: 5-7

Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia.


4. Menghormati Tetangga dan Orang Lain

1 Petrus 2: 17

Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!

Matius 7: 12

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

 

Apakah papa mama diberkati dengan artikel ini? Yuk teruskan ke papa mama lain yang butuh didik anaknya dengan kebenaran firman Tuhan.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK