ARTICLE

Thu - Aug 09, 2018 / 558 / Parenting

7 Tips Super Meminimalisir Pertengkaran Anak-anak di Rumah

Pertengkaran antar saudara sering terjadi di rumah. Biasanya hal ini diakibatkan persaingan, rasa bosan atau cari perhatian. Persaingan ini memang tidak dapat dihindari karena setiap anak ingin diperlakukan spesial oleh orangtuanya.

Super Parents, meski lumrah terjadi, Anda harus menangani persaingan ini dengan baik dan adil. Melalui hubungan dengan saudara kandungnya, anak bisa belajar cara berbagi, menjadi seorang teman, mencintai, dan bersikap kooperatif.

Terkadang suka bingung menghadapi anak-anak Anda yang sedang bertengkar ya, karena bisa saja hal-hal kecil diributkan. Menghindari pertengkaran anak-anak di rumah, berikut ini 7 hal yang bisa Super Parents lakukan.

1. Bantu anak mempersiapkan diri sebelum adiknya lahir

Sumber: Pixabay

Ketika dalam masa kehamilan, Super Moms bisa melibatkan si calon kakak dengan aktivitas yang berhubungan dengan menyambut kehadiran adiknya. Ini akan membuat dirinya merasa adik adalah sosok yang harus dilindungi, bukan pesaingnya.

 

 

2. Memperlakukan masing-masing anak sesuai kebutuhan mereka

Menghindari persaingan, pahami bahwa masing-masing anak adalah individu yang unik. Beri perhatian sesuai kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing.

 

3. Hindari membanding-bandingkan

Memberi motivasi kepada anak sangat menolong mereka untuk berlomba melakukan hal-hal baik. Namun jangan sampai Anda membanding-bandingkan kebaikan yang sudah dilakukan masing-masing anak.

4. Menumbuhkan keunikan anak

Beri mereka kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka masing-masing. Jika mereka bangga dengan bakat yang dimiliki, tidak akan timbul persaingan di antara mereka.

5Menghabiskan waktu bersama masing-masing anak secara adil

Sumber: Tavistock Relationships

Quality time dengan masing-masing anak sangat penting agar mereka tahu bahwa Super Parents memiliki kadar cinta yang sama untuk mereka. Berlakulah dengan sangat adil. Quality time juga memberi kesempatan bagi mereka mengungkapkan perasaan kepada Anda mengenai hubungannya dengan saudara kandungnya.

6. Membuat batasan yang jelas

Ajari masing-masing anak untuk saling menghargai. Minta ijin ketika ingin meminjam barang milik saudaranya.

7. Jangan memihak

Biarkan anak-anak menyelesaikan sendiri pertengkaran mereka. Kecuali, jika mereka tampak membutuhkan Anda memfasilitasi komunikasi keduanya.

Baca juga: LUAR BIASA! BERKAT DOA KELUARGANYA, KATY PERRY KEMBALI MENGENAL TUHAN

5 TIPS MUDAH MENCIPTAKAN SUASANA ASYIK UNTUK BELAJAR FIRMAN TUHAN DI RUMAH

Perlakuan adil dari Super Parents terhadap masing-masing anak pasti akan meminimalisir pertengkaran antarsaudara di dalam rumah. Selamat mendidik anak-anak dengan adil dan baik, Super Parents! (CG)

Sumber: Parenting

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK