ARTICLE

Fri - Aug 03, 2018 / 4543 / Sunday School

10 Cara Mudah Untuk Guru Sekolah Minggu Dalam Menanamkan Tata Krama dan Kesopanan Anak

Sebagai guru, peranan utama kita adalah menjadi pengajar. Nggak cuma guru sekolah biasa lho yang bisa mengajarkan tata krama dan sopan santun. Guru sekolah Minggu juga punya tugas yang sama. Jadi anak tidak hanya meningkatkan spiritualnya saja, tapi juga EQ atau kecerdasan secara linguistik.

Kesal ya rasanya kalau melihat kids zaman now itu nggak begitu sopan dengan orang yang lebih tua. Seakan mereka tidak mendapatkan pelajaran atau dilatih tata krama baik di keluarga atau sekolah. Daripada kita sebagai guru sekolah Minggu hanya mengeluhkan tentang tingkah mereka, yuk kita mulai latih mereka agar mempunyai tata krama yang baik. Caranya:

1. Ajak anak menyapa dan memberi salam.

2. Katakan tolong, ketika meminta bantuan orang lain.

3. Ucapkan terima kasih, ketika menerima sesuatu.

4. Meminta maaf ketika berbuat salah.

5. Menatap mata lawan bicara, ketika berbicara. Tapi tidak bermaksud menantang ya.

6. Tidak menyela pembicaraan orang lain. Berikan waktu kepada orang lain untuk berbicara dan anak mendengar. Setelah orang lain selesai berbicara, barulah ia dapat berbicara.

7. Mau berbagi dan bersabar menunggu giliran.

8. Menjaga etika saat berbicara, bertanya, dan ijin.

9. Menepati janji dan tepat waktu.

10. Meminta ijin sebelum menggunakan barang orang lain.

Nah bagaimana SuperTeacher? Bisa lho ke-10 nilai-nilai ini dibagikan kepada orang tua si anak, agar mereka juga menerapkannya dirumah. Jadi hasilnya bisa lebih maksimal. Selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati pelayanan kakak! (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK