ARTICLE

Thu - Jun 14, 2018 / 797 / Parenting

Tips Ampuh Mengatasi Hectic dan Panik di Pagi Hari Saat Menyiapkan Segalanya

Bangun pagi-pagi sekali, mulai memasak bekal  plus sarapan untuk anak dan suami, menyeterika pakaian mereka, mulai membangunkan anak berkali-kali, mencuci pakaian sambil kembali packing bekal untuk anak dan suami, membantu anak bersiap-siap ke sekolah, menyiapkan sarapan, dan masih banyak lagi segudang aktivitas seorang ibu di pagi hari. Hectic banget ya, tapi hebatnya mereka bisa lho melakukannya.

1. Packing bekal

Sumber: UAB Medical West

Jika mengepak bekal itu memakan waktu SuperMom, alihkan tugas tersebut malam sebelumnya. Saat masak makan malam, tentukan lauk mana yang bisa tahan sampai esok siang. Misalnya kacang-kacangan, sayuran kukus, roti, pasta, gorengan masih bisa bertahan dengan baik dan tetap terasa enak esok hari.

Masukkan lauk tersebut ke dalam wadah dan taruh di kulkas. Jadi besok pagi, SuperMom tinggal ambil wadahnya dan masukkan ke dalam tas anak atau suami. Taraaaa.... Mudah bukan?

 

2. Anak susah bangun

Sumber: BabyCenter

Kalau anak SuperMom susah sekali untuk dibangunkan, mintalah mereka tidur lebih awal. Ketika mereka tidur lebih sore, kan paginya tidak begitu susah bangun lagi. Menurut National Sleep Foundation, anak prasekolah membutuhkan tidur selama 11-13 jam, dan anak umur 6-12 tahun membutuhkan 10-11 jam. Kelelahan akan membuat mereka sulit bangun. Jadi jangan sibukkan anak dengan berbagai hal sampai malam ya SuperMom.

 

3. Membereskan baju dan perlengkapan

Sumber: Best Buy Review

Setrika baju yang akan dipakai anak dan suami malam sebelumnya, supaya besok pagi mereka bisa langsung memakainya. Biasakan anak untuk merapikan barang-barang yang akan dibawanya sekolah malam sebelumnya, agar besok pagi dia tidak kebingungan dan terburu-buru dalam memasukkan perlengkapannya. Hal ini bisa menghindari barang yang ketinggalan lho.

 

4. Kehilangan barang berharga

Sumber: Geico

Kalau anak SuperMom seringkali tidak sengaja menghilangkan PR, tugas, lembar persetujuan orang tua, dan hal-hal lainnya yang penting berhubungan dengan sekolah, tentukan satu tempat untuk menaruh semuanya itu. Misalnya ransel atau kotak tugas atau map. Jadi kalau anak sering menaruh barangnya berantakan, SuperMom bisa menempatkannya di tempat itu. Jadi kalau anak merasa ada yang hilang, SuperMom bisa mengarahkannya ke tempat itu.

Jika SuperMom sudah melakukan semua hal di atas tapi masih telat juga, berarti SuperMom harus mengulang alokasi waktu. Misalkan anak masuk sekolah jam 7 pagi, berarti anak setidaknya sudah sampai sekolah jam 6.30. Kalau rumahnya cukup jauh, SuperMom harus bangun jam 5 untuk menyiapkan segalanya, agar anak bisa langsung siap dan berangkat. Bisa juga gunakan teknik memajukan jam di rumah 5-10 menit lebih awal. (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK